Pemberdayaan Kader Posyandu Balita Terhadap Pencegahan Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Alai
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i3.1245Keywords:
Demonstrasi Emosional, Ibu Balita, Kader Posyandu, EdukasiAbstract
Stunting merupakan suatu kondisi gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak sebagai dampak dari kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang. Beredasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), diketahui bahwa prevalensi stunting di Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2022 adalah 25,2%. Berperan sebagai jembatan antara tenaga kesehatan dan masyarakat, penting memaksimalkan peran Kader Posyandu dalam upaya penurunan prevalensi stunting. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada 40 orang Kader Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Alai sebagai responden Pengabmas tentang pencegahan stunting dengan menggunakan Emo-Demo. Studi ini berbentuk penelitian kuantitatif dengan rancangan one group pretest and posttest, dimana dilakukan pretest sebelum intervensi menggunakan metode Emo-Demo melalui demonstrasi dan posttest setelah intervensi untuk mengetahui perubahan pengetahuan dan sikap Kader Posyandu sebelum dan sesudah intervensi. Melalui pengumpulan data menggunakan instrumen angket, diperoleh hasil Pengabmas bahwa terdapat peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan intervensi yaitu 10.40 dan 13.83, dan peningkatan sikap sebelum dan sesudah imtervensiyaitu 62.40 dan 72.95. Terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan (p=0.0001) dan sikap (p=0.0001). Diharapkan edukasi ini dapat dikembangkan menjadi suatu kegiatan pelatihan dalam meningkatkan keterampilan Kader Posyandu, sehingga Kader dapat diberdayakan dalam upaya pencegahan risiko stunting pada balita.
Downloads
References
Amareta, D. I., & Ardianto, E. T. (2017). Peningkatan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Usia Sekolah dengan Metoda Emo Demo. Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 9(2), 88–93. https://doi.org/10.29238/sanitasi.v9i2.756
Amri, A. F., & Rachmayanti, R. D. (2022). Edukasi Emotional Demonstration dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu terhadap Pencegahan Stunting. Media Gizi Kesmas, 11(2), 341–350. https://doi.org/10.20473/mgk.v11i2.2022.341-350
Ashari, A. E., Ganing, A., Mappau, Z., S, S., & Saeni, R. H. (2022). The Effect of the Emo Demo Method on Knowledge, Attitudes, and Actions in Household Waste Sorting in Mamuju District. International Journal of Health Sciences and Research, 12(2), 51–56. https://doi.org/10.52403/ijhsr.20220206
Astuti, N. H. (2017). Peningkatan Pengetahuan Kader Posyandu dalam Manajemen Laktasi Melalui Metode Ceramah di Kelurahan Rangkapan Jaya Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok. ARKESMAS: Arsip Kesehatan Masyarakat, 2(1), 109–114. https://doi.org/10.22236/arkesmas.v2i1.513
Beal, T., Tumilowicz, A., Sutrisna, A., Izwardy, D., & Neufeld, L. M. (2018). A Review of Child Stunting Determinants in Indonesia. Maternal and Child Nutrition, 14(4), 1–10. https://doi.org/10.1111/mcn.12617
Blum, L. S., Rachmi, C. N., Ortenzi, F., Gonzalez, W., Mallipu, A., Sutrisna, A., & Priamsari, A. D. (2023). Assessment of the Scale Up of Emotional Demonstrations in Indonesia: an Innovative Approaach to Nutrition Social and Behaviour Change Communication.
Candra, A. (2020). Epidemiologi Stunting. Universitas Diponegoro.
Ervina, L., & Linda. (2024). Pemberdayaan Kader Posyandu dalam Penerapan Metode Emotional Demonstration sebagai Upaya Peningkatan Pemberian ASI Eksklusif. Jurnal Kesmas Asclepius, 6(2), 140–148. https://doi.org/10.31539/jka.v6i2.11485
Furoidah, N. A., Ridha, A., Sipayung, D. N. D., Primadini, F., Farda, M., Syadira, A., Ningtyas, F. W., & Adi, D. I. (2023). Penuhi Nutrisi Cegah Stunting: Metode Emotional Demonstration Pada Ibu. Bhakti Community Journal, 2(2), 65–78. https://doi.org/10.36376/bcj.v2i2.23
Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN). (2021). Emo-Demo (Emotional Demonstration). https://emodemo.org/
Hanifah, A., Muthi’ah, T. S., Sholikhah, A., Guntari, G. T. P., Dzakiyyah, I. H., Holivah, S., & Swastiningrum, A. (2023). Strengthening Capacity of Posyandu Cadres to Educate Mothers: A Program Evaluation of Emotional Demonstration for Cadres in Bantul Regency. Journal of Community Empowerment for Health (JCOEMPH), 6(1), 26–29. https://doi.org/10.22146/jcoemph.77443
Hidayati, G. S., & Nugraha, Y. (2019). Implementasi Emotional Demonstration (Emodemo) Meningkatkan Pemahaman Ibu Tentang Nutrisi Anak dalam 1000 HPK. Universitas Jember.
Huljannah, N., & Rochmah, T. N. (2022). Program pencegahan stunting di indonesia: A systematic review. Media Gizi Indonesia, 17(3), 281-292.
Iswati, R. S., Hubaedah, A., Latifah, A., & Ningrum, N. P. (2019). Peningkatan Cakupan ASI Eksklusif Melalui Pelatihan Kader Kesehatan dengan Metode Emo Demo Siap Bepergian di Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 41–48. https://doi.org/10.30605/atjpm.v1i1.106
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Buku Saku Pencegahan Dan Tata Laksana Gizi Buruk Pada Balita di Layanan Rawat Jalan. Kementerian Kesehatan RI.
Kementerian Kesehatan RI. (2023). Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022.
Kementerian Sekretariat Negara RI. (2022). Tahun 2022 Angka Prevalensi Stunting Harus Turun Setidaknya 3%. https://stunting.go.id/
Laili, U., & Andriani, R. A. (2019). Pemberdayaan Mayarakat dalam Pencegahan Stunting. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 5(1), 8–12.
Larissa, U., & Rachmayanti, R. D. (2022). Emo Demo Education on Improving Maternal Knowledge. The Indonesian Journal of Public Health, 17(3), 451–461. https://doi.org/10.20473/ijph.v17i3.2022.451-461
Martha, E., Nadira, N. A., Sudiarti, T., Mayangsari, A. P., Enjaini, E. F., Ryanthi, T. P., & Bangun, D. E. (2020). The Empowerment of Cadres and Medicasters in the Early Detection and Prevention of Stunting. The Indonesian Journal of Public Health, 15(2), 156–161.
Mulyani, N. S., Fitriyaningsih, E., Rahmad, A. H. Al, & Hadi, A. (2022). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu untuk Pencegahan Stunting di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal PADE: Pengabdian & Edukasi, 4(1), 28–33. https://doi.org/10.30867/pade.v4i1.810
Mutiarani, A. L., Putri, P. H., & Yuliani, K. (2022). Perbedaan Edukasi Pemberian Makan Balita dengan Metode Emotional Demonstration dan Metode Ceramah terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Balita di RT 06 RW 08 Kelurahan Keputih Kota Surabaya. Preventia : The Indonesian Journal of Public Health, 7(2), 18. https://doi.org/10.17977/um044v7i22022p18-24
Muyassaroh, Y., & Fatmayanti, A. (2021). Pengaruh Permainan Emo-Demo ATIKA (Ati, Telur, Ikan) Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tingkah Laku Pencegahan Anemia Pada Ibu Hamil. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 12(2), 222–228. https://doi.org/10.26751/jikk.v12i2.919
Naziev, A. (2017). What is an Education. International Conference: The Future of Education, 114.
Palupi, K. A., Irawan, A. M. A., Yusuf, A. M., Rahmawati, L. A., & Umami, Z. (2024). The Influence of Emo Demo on Mother’s Knowledge and Attitudes in Providing Infant Feeding. Journal of Health and Nutrition Research, 3(2), 121–127. https://doi.org/10.56303/jhnresearch.v3i2.259
Purwaningtyas, D. R., Fitriani, A., Hidayati, Birwin, A., & Maharani, E. (2024). Edukasi Isi Piringku Dan Jajanan Sehat Dengan Metode Emo-Demo Untuk Penanggulangan Stunting. Jurnal Pengabdian, 1(1), 1–6.
Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Putri, N. A., & Pritasari. (2017). Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan Gizi, Sikap dan Pola Makan pada Pasien Diabetes Tipe 2 di Puskesmas Kecamatan Ciracas. ARGIPA, 2(2), 54–64. https://doi.org/10.22236/argipa.v2i2
Rahmah, A. L. (2016). Sikap Siswa Non-Muslim Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 23 Semarang. UIN Walisongo.
Ridwan, M., Sitanggang, H. D., & Nasution, H. S. (2023). Peningkatan Keterampilan Kader Posyandu dalam Memberikan Edukasi dengan Metode Emotional Demonstration dalam Upaya Pencegahan Stunting di Posyandu Cempaka Desa Pondok Meja Kecamatan Mestong Muaro Jambi. Jurnal Salam Sehat Masyarakat, 4(2), 50–55. https://doi.org/10.22437/jssm.v4i2.26246
Rincón Uribe, F. A., Godinho, R. C. de S., Machado, M. A. S., Oliveira, K. R. da S. G., Neira Espejo, C. A., de Sousa, N. C. V., de Sousa, L. L., Barbalho, M. V. M., Piani, P. P. F., & Pedroso, J. da S. (2021). Health Knowledge, Health Behaviors and Attitudes During Pandemic Emergencies: A Systematic Review. PLoS ONE, 16(9), 1–14. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0256731
Waroh, Y. K., Setiana, A., Setiawandari, & Hidayatunnikmah, N. (2020). Usaha untuk Meningkatkan Cakupan ASI Eksklusif dengan Pendekatan Emotional Demonstration Ikatan Ibu dan Anak. Jurnal Abadimas Adi Buana, 3(2), 37–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v3.i2.a2170
World Health Organization. (2023). Levels and Trends in Child Malnutrition: UNICEF/WHO/World Bank Group Joint Child Malnutrition Estimates Key Findings of the 2023 Edition. https://www.who.int/
Yustiyani, Y., & Nurmansyah, M. (2022). Penggunaan Pendekatan Emo-Demo dalam Edukasi Pencegahan Stunting pada Orang Tua Siswa Taman Kanak-Kanak. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 250–257. https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i2.904
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.