Peran Guru dalam Mencegah Gizi Ganda pada Anak Usia Dini

Authors

  • Adi Sucipto Universitas Respati Yogyakarta
  • Desty Ervira Puspaningtyas Universitas Respati Yogyakarta
  • Yunita Indah Prasetyaningrum Universitas Respati Yogyakarta
  • Lala Budi Fitriana Universitas Respati Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1290

Keywords:

Gizi ganda, KPSP, Pendidikan guru, Pemantauan pertumbuhan anak, WHO Anthro

Abstract

Masalah gizi ganda pada anak usia dini menjadi tantangan serius yang dapat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak. PAUD Nurul Dzikri menghadapi kendala dalam pemantauan tumbuh kembang anak akibat kurangnya pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan alat bantu digital. Untuk mengatasi hal ini, dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa edukasi dan pelatihan penggunaan aplikasi WHO Anthro dan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Metode yang digunakan meliputi edukasi teori, diskusi interaktif, serta simulasi pendampingan penggunaan aplikasi. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru, dengan skor pemahaman meningkat dari 40% menjadi 90%, serta 72% guru mampu menggunakan WHO Anthro dan 90% mampu menggunakan KPSP secara mandiri. Pendekatan berbasis teknologi efektif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam pemantauan tumbuh kembang anak, yang berkontribusi pada pencegahan masalah gizi ganda. Disarankan agar program ini diterapkan secara lebih luas dengan pelatihan berkelanjutan serta integrasi dalam kebijakan pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acharya, Y., et al. (2019). Nutritional Status, Cognitive Achievement, and Educational Attainment of Children aged 8-11 in Rural South India. Journal of Development Studies, 55(12), 1–15.

Ahriyasna, R., Laila, W., Ilham, D. (2020). Penyuluhan Gizi Seimbang Sebagai Upaya Penurunan Kejadian Masalah Gizi Ganda di Kota Padang. (2020). Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis, 3(1), 1–6. https://jurnal.upertis.ac.id/index.php/JAKP/article/view/391

Amir, M., & Khan. (2024). Child Malnutrition and Mortality in South Asia: A Comparative Analysis. European Economic Letters, 14(1). https://doi.org/10.52783/eel.v14i1.1119

Arti, W., Widanti, H. N., & Wati, T. L. (2023). Program Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Deteksi dan Intervensi Dini dalam Tumbuh Kembang Anak Sekolah Dasar melalui Penggunaan Flashcard Pediatrik dan Media Visual. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(3), 663-671.

Astuti, E. Y., Sari, D. Y., & Saloko, A. (2021). Peningkatan Keterampilan Pendidik PAUD dalam Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia Dini melalui Edukasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1234-1245.

Atikah, R., et al. (2018). Stunting dan Upaya Pencegahannya. Yogyakarta: CV Mine.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. London: Prentice Hall

Fauzia, F. R., & Pangesti, A. (2024). Data Quality of Nutritional Status among Children Using WHO Anthro Application: A Quasi-Experimental Study. Jurnal Gizi dan Pangan, 19(Supp.1), 145–152. https://doi.org/10.25182/jgp.2024.19.Supp.1.145-152

Hurley, K. M., Yousafzai, A. K., & Lopez-Boo, F. (2016). Early Child Development and Nutrition: A Review of the Benefits and Challenges of Implementing Integrated Interventions. Advances in Nutrition, 7(2), 357–363.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Kemenkes RI.

Kirolos, A., Goyheneix, M., Kalmus Eliasz, M., Chisala, M., Lissauer, S., Gladstone, M., & Kerac, M. (2022). Neurodevelopmental, cognitive, behavioural and mental health impairments following childhood malnutrition: A systematic review. BMJ Global Health, 7(7), e009330. https://doi.org/10.1136/bmjgh-2022-009330

Lestari, D., & Widyastuti, Y. (2022). Pelatihan dan pendampingan guru PAUD dalam pemeriksaan tumbuh kembang anak menggunakan metode Z-Skor dan KPSP. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1)..

Mishra, N. R. (2023). Constructivist Approach to Learning: An Analysis of Pedagogical Models of Social Constructivist Learning Theory. Journal of Research and Development, 6(01), 22–29. https://doi.org/10.3126/jrdn.v6i01.55227

Nīmante, D. (2023). Family and Environmental Factors Influencing Child Development. Human, Technologies and Quality of Education, 2023, 103–116. https://doi.org/10.22364/htqe.2023.07

Nurhasnah, N., Sepriyanti, N., & Kustati, M. (2024). Learning Theories According to Constructivism Theory. Journal International Inspire Education Technology, 3(1), 19–30. https://doi.org/10.55849/jiiet.v3i1.577

Pratiwi, W. R. (2019). Prevalensi Gizi Buruk, Gizi Kurang, dan Stunting pada Balita di Indonesia Tahun 2019. Jurnal Mitra Prima, 6(1), 45-53.

Rahmad, A. A., & Hadi, A. J. (2019). Efektivitas pelatihan standar pertumbuhan WHO-Anthro terhadap kualitas data status gizi balita. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. 1(1).

Rahmadia, Z. R., & Mardiyah, S. (2021). Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Gizi Lebih pada Balita di Kelurahan Sungai Bambu. Hearty: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1). https://doi.org/10.32832/hearty.v11i1.5554

Rahmawati, D., & Susanti, E. (2021). Pendampingan Simulasi Pemodelan Sains Menggunakan Software untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Dharma Raflesia, 19(2), 45-53.

Ramadhani, A. D & Sumanto, R. P. A. (2023). Peningkatan Keterampilan Pendidik PAUD dalam Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Melalui Edukasi Berbasis Website. (2023). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 123-130.

Rohmah, N., Kurniawan, H., Savitri, I., Kuzairi, U., Febriansyah, J. A., Afkarina, I., Ramadhani, N. R., & Maghfiro, A. A. S. (2023). Monitoring Child Growth and Development in Families at Risk of Stunting Using the Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil) Application. Community Development Journal, 7(3), 138–147. https://doi.org/10.33086/cdj.v7i3.5175

Rusliani, A., et al. (2022). Faktor Risiko Masalah Gizi Kurang pada Balita di Indonesia. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 13(1), 31–40.

Ruth. (2023). Simulation and its Effects on Knowledge Retention and Critical Thinking Skills. International Journal of Nursing and Health Care Research, 6(4). https://doi.org/10.29011/2688-9501.101426

Sari, D. Y., & Astuti, E. Y. (2020). Peningkatan Pengetahuan Guru PAUD tentang Deteksi Tumbuh Kembang Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45-50.

Sari, A. P., & Yuliana, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi "Desikembang" terhadap Pengetahuan Guru PAUD tentang Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Kecamatan Sungai Betung Kabupaten Bengkayang. Jurnal Kebidanan Malahayati, 8(4), 192-200.

Shonkoff, J. P. (2022). Leveraging advances in science to inform a mindset shift in early childhood policy and practice. Illingworth-Rees Lecture, 1(2). https://doi.org/10.1136/archdischild-2022-rcpch.843

Shoukat, K. (2023). Relationship between teacher-parents interaction and student’s performance at secondary school level in district faisalabad. Pakistan Journal of Social Research, 5(2), 726–732. https://doi.org/10.52567/pjsr.v5i02.1154

Srivastava, R. N. (2020). Early Childhood Care and Education. 57(1), 793. https://doi.org/doi: 10.1007/S13312-020-1953-0

Tanjung, I. C. D., Pratita, W., & Martineta, M. (2024). The Importance of Using Maternal and Child Health Books to Monitor Children’s Growth and Development: A Health Education Program. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 10(1), 38. https://doi.org/10.22146/jpkm.89977

Triatmaja, R. (2022). Risiko Gizi Lebih pada Anak Usia Prasekolah Berdasarkan Aspek Sosio-Ekonomi. Aceh Nutrition Journal, 7(1), 52-60. https://doi.org/10.30867/gizindo.v7i1.411

Triharini, M., Alfiana, M. O., Larasati, N. S., Hakim, S. A.-Z., & Rengganis, P. H. (2023). Early detection for child growth and development in posyandu dadapkuning village, cerme-gresik sub-district. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dalam Kesehatan, 5(2), 53–58. https://doi.org/10.20473/jpmk.v5i2.49292

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press

Wahyuntari, E dan Fauzia, F.R. (2024). The effectiveness of WHO Anthro growth standard training on the data quality of underfive children's nutritional status. Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia. 12(2). http://dx.doi.org/10.21927/ijnd.2024.12(2).93-103

Wilda & Hasriani. (2021). Dampak Status Gizi Pendek (Stunting) terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Kesehatan, 13(2), 123-130

Woźniak, D., Podgórski, T., Dobrzyńska, M., Przysławski, J., Drzymała, S., & Drzymała-Czyż, S. (2022). The Influence of Parents’ Nutritional Education Program on Their Infants’ Metabolic Health. Nutrients, 14(13), 2671. https://doi.org/10.3390/nu14132671

Yusnita, Y., Septiasari, Y., Setianingrum, K. A. (2024). Hubungan Pengetahuan Guru tentang Tumbuh Kembang Anak dengan Upaya Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. (2023). Maternal and Child Health Journal, 5(2), 202-207

Published

2025-06-28

How to Cite

Sucipto, A., Puspaningtyas, D. E., Prasetyaningrum, Y. I., & Fitriana, L. B. (2025). Peran Guru dalam Mencegah Gizi Ganda pada Anak Usia Dini. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(2), 539–548. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1290