Pemberdayaan Guru Sekolah Luar Biasa dalam Implementasi Teknologi untuk Pembelajaran Kebencanaan yang Inklusif
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i3.1304Keywords:
Inklusif, Kebencanaan, Sekolah Luar BiasaAbstract
Siswa difabel termasuk kelompok yang rentan menjadi korban saat terjadi bencana. Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran oleh guru di SLB BC Dharma Bangsa Klaten. Rendahnya pemanfaatan media tersebut menjadi salah satu alasan mengapa siswa difabel belum sepenuhnya memahami dampak yang ditimbulkan oleh bencana. Upaya untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan melalui sosialisasi dan pendampingan yang bertujuan meningkatkan pemahaman guru mengenai pentingnya mitigasi bencana bagi siswa difabel dan pentingnya integrasi media pembelajaran. Tim pengabdian juga melakukan kegiatan perencanaan yang melibatkan pihak sekolah. Melalui program pengabdian ini, peserta menyadari bahwa pembelajaran kebencanaan sangat penting dan harus diberikan kepada siswa dengan menggunakan media interaktif.
Downloads
References
Amri, A. (2017). Pendidikan Tangguh Bencana. Jakarta: Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Bhebhe, S., Runhare, T., & Monobe, R. J. (2019). Strategic Approaches for Developing A Culture of Safety Management in Schools: Indications from Literature Studies. Jàmbá: Journal of Disaster Risk Studies, 11(2), 1–7. https://doi.org/10.4102/jamba.v11i2.694
Febrianti, F. A., Rahman, M. A., Alani, N., Nuriyanti, R., & Sari, I. P. (2025). Pemanfaatan Website Interaktif Berbasis Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) sebagai Media Pembelajaran Inklusif bagi Anak Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 8(3). https://doi.org/10.20961/shes.v8i3.107323
Hafida, S. H. N., Isa, N. K. M., & Khotimah, N. (2022). Is psychological adaptability needed for high school students in disaster-prone areas of Mount Merapi Eruption? IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science, 986, 012040. https://doi.org/10.1088/1755-1315/986/1/012040
Hermon, D., Ganefri, Erianjoni, Dewata, I., Iskarni, P., & Syam, A. (2019). A policy model of adaptation mitigation and social risks the volcano eruption disaster of sinabung in Karo regency—Indonesia. International Journal of GEOMATE, 17(60), 190–196. https://doi.org/10.21660/2019.60.50944
Ikbal, M. J., & Hermawan, H. D. (2024). Augmented reality development at Muhammadiyah corner UMS library. AIP Conference Procceding, 2926. https://doi.org/10.1063/5.0183792
Kuswati, R., Anggono, A. D., Syamsiyah, N. R., Anindita, Y., Zakiyah, S., & Mahiroh, A. W. (2025). Enhancing understanding of green economy and implementingappropriate technology towards an Adiwiyata schools. Community Empowerment, 10(2), 287–297. https://doi.org/10.31603/ce.12342
Lockhart, C. F., & Woods, K. (2017). Exploring the Development of Critical Incident Response Teams. International Journal of School and Educational Psychology, 5(4), 243–254. https://doi.org/10.1080/21683603.2016.1234987
Maulidia, I., & Muthi, I. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika pada Siswa SD. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 3(4). https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i4.2624
Muspita, R., Efrina, E., Fernandes, R., Putera, A. S., & Mahdi, A. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Sekolah Luar Biasa Dengan Penerapan Teknik Manual Brewingdalam Penyeduhan Kopi. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.24036/abdi.v1i2.31
Nepal Disaster Risk Reduction and Management Authority (NDRRMA). (2022). Gender Inclusion, Disability and Social Inclusion (GEDSI) Integration in Disaster Risk Reduction and Management (DRRM) Workshop. Nepal Disaster Risk Reduction and Management Authority (NDRRMA). https://hrrpnepal.org/uploads/media/GEDSIintegrationinDRRworkshopreport-finaldraft_20221220214334.pdf
Nugraha, A. E., Minsih, & Wulandari, M. D. (2025). Exploring the challenges of children with special needs in the learning process at an inclusive primary school in Surakarta. BIS Education, V125011. https://doi.org/10.31603/bised.158
Paci-Green, R., Varchetta, A., McFarlane, K., Iyer, P., & Goyeneche, M. (2020). Comprehensive school safety policy: A global baseline survey. International Journal of Disaster Risk Reduction, 44, 101399. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2019.101399
Setiawan, A., Ahmadi, A. A., Sukirman, & Koprawi, M. (2024). Enhancing Learning Experiences Using Markerless Augmented Reality in Computer Hardware Education. Atlantis Press, 72–79. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-342-9_10
SIAP SIAGA (Kemitraan Indonesia Australia untuk Kesiapsiagaan Bencana). (2021). Placing Gender Equality and Social Inclusion as the Foundation of Disaster Management. https://siapsiaga.or.id/wp-content/uploads/2023/03/Issue-Brief-No.-4-GESI-as-a-foundation-of-DM_EN.pdf
UN Women. (2022). Gender-Responsiveness and Disability-Inclusion in Disaster Risk Reduction in Asia. UN Women. https://wrd.unwomen.org
Villeneuve, M. (2022). Disability-Inclusive Emergency Planning: Person-Centered Emergency Preparedness. https://oxfordre.com/
Wati, N. W. (2018). Peran Guru Pada Siswa Disabilitas di Sekolah Luar Biasa Kota Surabaya. BioKultur, 7(1), 72–87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.