Upaya Skrining dan Edukasi Stres Menggunakan Website HearingMe pada Siswa SMA di Kabupaten Kutai Kartanegara
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i3.1333Keywords:
Siswa, Stres, Website HearingMeAbstract
Stres dapat terjadi pada berbagai kelompok usia, terutama pada remaja. Stres yang tidak dikelola dapat menyebabkan gangguan fisik maupun mental pada remaja. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan skrining stres pada siswa SMA. Skrining stres dengan menggunakan website HearingMe. Website dilengkapi kuesioner Perceived Stress Scale (PSS) untuk mengetahui tingkat stres. Melalui website HearingMe siswa dapat melakukan skrining mandiri untuk mengukur tingkat stresnya. Kegiatan pengabdian diawali dengan pengisian tingkat stres menggunakan website HearingMe. Setelah itu dilakukan penyuluhan tentang stres para siswa dan bagaimana cara mengatasi stres. Sebanyak 154 orang siswa SMA Tenggarong Kutai Kartanegata terlibat dalam pengisian kuesioner melalui website HearingMe. Dari hasil pengisian kuesioner ditemukan bahwa siswa SMA paling banyak mengalami stres sedang. Adapun berdasarkan jenis kelamin stres paling banyak dialami oleh wanita pada tingkat stres sedang.
Downloads
References
Gusti, R. K., Saputera, M. D., & Chris, A. (2023). Gambaran stres secara umum pada siswa/i SMA di Jakarta. Jurnal Muara Medika dan Psikologi Klinis, 3(1), 22-29.. https://doi.org/10.24912/jmmpk.v3i1.24810
Karomah, S. A., & Rakhmawati, D. (2024). Tingkat Stress Akademik Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 14 Semarang. Jurnal Psikologi, 8(8).
Kemenkes RI. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Jakarta: Kemenkes RI
Khaira, W. (2023). Faktor penyebab stres akademik siswa remaja. Fitrah: International Islamic Education Journal, 5(1), 123-135.
Khanafiah, M., Agustin, A., Kurnia, F., & Alrefi, A. (2023). Tren Penelitian Stress Akademik di Sekolah Menengah Atas. Taujihat: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 32–52. https://doi.org/10.21093/tj.v4i1.7395
Mai, C. L., Minehart, R. D., & Pian-Smith, M. C. (2019). Seven tips for giving an engaging and memorable presentation. BJA Education, 19(9), 274–275. https://doi.org/10.1016/j.bjae.2019.05.002
Pradipta, L. D., & Hanami, Y. (2024). Studi Kualitatif: Pengalaman Stres dalam Kehidupan Sehari-hari dan Strategi Coping pada Remaja. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 5(3), 361. https://doi.org/10.24014/pib.v5i3.25201
Radez, J., Reardon, T., Creswell, C., Lawrence, P. J., Evdoka-Burton, G., & Waite, P. (2021). Why do children and adolescents (not) seek and access professional help for their mental health problems? A systematic review of quantitative and qualitative studies. European Child and Adolescent Psychiatry, 30(2). https://doi.org/10.1007/s00787-019-01469-4
Nurwela, S. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Pada Remaja ; Literatur Review. JKJ: Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 10(1).
Sudarso, S., Yuni, E., Khotimah, S., & Cesarina, A. (2024). Evaluasi Pemanfaatan Website “HearingMe” pada Pekerja Tambang di Kutai Kartanegara. Jurnal ABDIMAS BSI, 7, 287–297. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Sudarso, S., Yuni, E., Rahmania, R., Sahly, R. C., Safari, D. A., Tasqib, Z. N., & Subagio, K. J. (2023). Pemanfaatan Website “HearingMe” untuk Skrining Stres pada Tenaga Kesehatan. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 29–34. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i1.419
Susanto, C. (2025). Pengaruh Stres Akademik dan Motivasi Akademik Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa SMA. https://afeksi.id/jurnal/index.php/afeksi
Uhari, M., Renko, M., & Soini, H. (2003). BMC Medical Education Experiences of using an interactive audience response system in lectures. http://www.interac
Wang, J., Korczykowski, M., Rao, H., Fan, Y., Pluta, J., Gur, R. C., McEwen, B. S., & Detre, J. A. (2007). Gender difference in neural response to psychological stress. Social Cognitive and Affective Neuroscience, 2(3), 227–239. https://doi.org/10.1093/scan/nsm018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.