Asesmen Formatif Digital: Pendampingan Guru MGMP Matematika SMP OKU Timur Memanfaatkan Artificial Intelligence
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1486Keywords:
Artificial Intelligence, Asesmen Formatif, Pendampingan Guru MatematikaAbstract
Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru MGMP Matematika SMP OKU Timur, Sumatera Selatan, untuk membuat asesmen formatif digital yang efektif dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI). Program ini difokuskan pada membimbing guru untuk menurunkan tujuan pembelajaran dari capaian pembelajaran, menyusun soal asesmen formatif yang relevan, dan memanfaatkan perangkat AI seperti Geogebra dan Desmos. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan workshop yang berlangsung melalui 4 tahap, yakni sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan ini berhasil membekali guru dengan kompetensi yang diperlukan untuk menyusun asesmen formatif digital dengan pemanfaatan AI. Sebanyak 88% peserta mampu menyusun soal asesmen formatif digital pada Desmos Activity Classroom secara efektif. Peserta menunjukkan kemampuannya dalam menurunkan tujuan pembelajaran dari capaian pembelajaran dan menyusun soal kognitif pada asesmen formatif yang sesuai.
Downloads
References
Asworo, A. F. C., Hasanah, L., Solehah, S. F., Komariyah, S., & Lasha, V. (2024). Pentingnya Penilaian Formatif terhadap Perkembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Dan Penelitian Pendidikan, 6(3), 1–11.
Fitriyeni, Rahmi, L., Yolanda, F., Lingga, L. J., Ain, S. Q., Mustika, D., Dafit, F., & Syahriadi. (2024). Sosialisasi Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 236–242. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.145
Handayani, U. F., & Septia, T. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran untuk Guru SD / MI di Kalipare. Jurnal Aksi Afirmasi, 5(2), 117–123. https://doi.org/https://doi.org/10.35897/jurnalaksiafirmasi.v5i2.1501
Hayati, A., Kartika, D. L., & Winarni, A. (2025). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Matematika bagi Guru-Guru di Lingkungan MGMP Matematika SMK Kabupaten Banyumas. Jurnal Abdimas Indonesia, 5(1), 343–351. https://doi.org/https://doi.org/10.34697/ jai.v5i1.1339
Indaryanti, I., Hiltrimartin, C., Hartono, Y., & Araiku, J. (2020). Panduan Penyusunan Indikator Pencapaian Kompetensi Berbasis Kikuduko (Kompetensi, Indikator, Kunci, Pendukung, Kompleks). CV Bening Media Publishing.
Indaryanti, I., Yusup, M., Nuraeni, Z., Sari, N., & Meryansumayeka, M. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan IPK Berbasis KIkuduko bagi Guru Matematika di Kota Lubuklinggau. Jurnal Anugerah, 3(2), 77–85. https://doi.org/10.31629/ANUGERAH.V3I2.3907
Isdayani, B., Thamrin, A. N., & Milani, A. (2024). Implementasi etika penggunaan kecerdasan buatan (ai) dalam sistem pendidikan dan analisis pembelajaran di Indonesia. Digital Transformation Technology, 4(1), 714-723.
Isroil, A., Khairul Umam, A., & Supriyanto, S. (2022). Aplikasi Desmos dalam Penyelesaian Masalah Persamaan Trigonometri. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 4(1), 58–63. https://doi.org/10.55273/karangan.v4i1.171
Jamulia, J. (2018). Identifying Students Learning Style Preferences At Iain Ternate. International Journal of Education, 10(2), 121–129. https://doi.org/10.17509/ije.v10i2.1631
Lestari, I. D., Yahya, F., Suryani, E., Aini, R. Q., & Asriyanti, S. (2023). Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 22–26. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index
Magdalena, I., Oktavia, D., & Nurjamilah, P. (2021). Analisis Evaluasi Sumatif dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI SDN Batujaya di Era Pandemi Covid-19. Arzusin: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Dasar, 1(1), 137–150. https://doi.org/10.58578/arzusin.v1i1.114
Mujiburrahman, Kartiani, B. S., & Parhanudin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48.
Oktaviana, E., & Yudha, C. B. (2022). Tecnological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran Abad Ke-21. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 57. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58305
Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(2), 473–476.
Putu Ary Sri Tjahyanti, L., Satya Saputra, P., & Made Santo, G. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komputer Dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 1(1), 15–21. https://doi.org/10.1097/01.ccm.0000474893.34162.5c
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., Widiastuti, Y. K. W., Fitri, A. K., & Pratiwi, A. I. P. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 490–500. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.911
Rohantizani, & Isfayani, E. (2023). Pendampingan Guru Matematika Menyusun Instrumen Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i1.40
Suhelayanti, Emna, A., Jannah, M., Oviana, W., Ilahi, R., & Utama, R. J. (2024). Pemanfaatan AI dalam Pembuatan Media dan Asessment Pembelajaran IPAS. Jurnal Kolaborasi Akademika, 1(1), 1–7.
Zamista, A. A. (2022). Online Assessment as an Alternative Learning Assessment in the Digital Era: A Systematic Literature Review. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 27(2), 108–119.
Zulfahmi, & Gani, S. A. (2024). Penerapan Artificial Intelligence Melalui Aplikasi Muslim Pro dalam Pendidikan Agama Islam. Azkia: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 20(1), 127–140. http://journal.stitalhilalsigli.ac.id/index.php/azkia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indaryanti et al

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.