Meningkatkan Skill Digital untuk Profesionalisme Guru Abad 21

Authors

  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang
  • Delmira Syafrini Universitas Negeri Padang
  • Nora Susilawati Universitas Negeri Padang
  • Rhavy Ferdyan Universitas Negeri Padang
  • Bunga Dinda Permata Universitas Negeri Padang
  • Sabar Aulia Rahman Universitas Negeri Padang
  • Gusmira Wita Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang
  • Erianjoni Erianjoni Universitas Negeri Padang
  • Febi Dwi Lianda SMAN 1 Sawahlunto

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1561

Keywords:

Abad 21, Guru, Profesionalisme, Skill Digital

Abstract

Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang menghendaki penguasaan teknologi digital. Selain itu, siswa yang saat ini merupakan Generasi Z adalah bagian penting dari Pembelajaran Abad 21. Keadaan di lapangan guru masih kesulitan dalam mengembangkan dan menggunakan teknologi digital, hal yang sama ditemukan pada MGMP Sosiologi kota Sawahlunto. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan skill digital guru dalam memfasilitasi proses pembelajaran digital yang dituntut saat ini. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, seminar/workshop, pengumpulan data, analisis, dan evaluasi. Hasil program ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan skill digital guru. Pemahaman yang meningkat tentunya juga akan menigkatkan skill digital guru. Skill digital memungkinkan penggunaan berbagai alat multimedia dan platform pembelajaran online yang membuat proses belajar lebih interaktif dan menyenangkan. Melalui program ini diharapkan profesioanlisme guru-guru MGMP Sosiologi kota Sawahlunto semakin meningkat dengan penguatan skill digital yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, I. R. W., & Saputri, D. Y. (2020). Peningkatan kompetensi profesional guru dalam melaksanakan pembelajaran digital melalui workshop terintegrasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2).

Arum, L. S., Zahrani, A., & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59-72.

Bernacki, M. L., Vosicka, L., & Utz, J. C. (2020). Can a brief, digital skill training intervention help undergraduates “learn to learn” and improve their STEM achievement?. Journal of Educational Psychology, 112(4), 765.

Derisma, D. (2020). Perbandingan Kinerja Algoritma untuk Prediksi Penyakit Jantung dengan Teknik Data Mining. Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), 84-88.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembela-jaran abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Faiza, A., & Firda, S. J. (2018). Arus metamorfosa milenial. Kendal: Penerbit Ernest.

Hargreaves, A. (1997). Cultures of teaching and educational change. International handbook of teachers and teaching (pp. 1297-1319). Dordrecht: Springer Netherlands.

Kaltsum, H. U., et al(2024). Workshop pembuatan media pembelajaran Lumio dan Wordwall bagi Guru SDN 03 Makamhaji, Sukoharjo. Tintamas: Jurnal Pengabdian Indonesia Emas, 1(1), 38-48.

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media pembelajaran matematika konkret versus digital: System-atic literature review di era revolusi industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131-140.

Kim, M. S., & Choi, S. O. (2003). Concept analysis of organizational socialization. Journal of Korean Academy of Nursing Administration, 9(1), 19-30.

Kusumayanti, A. (2021). Blended learning Berbasis Platform: Strategi Pembelajaran Efektif Untuk Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Al asma: Journal of Islamic Education, 3(2), 263-274.

Matzat, U., & Sadowski, B. (2012). Does the “do-it-yourself approach” reduce digital inequality? Evidence of self-learning of digital skills. The Information Society, 28(1), 1-12.

Nafisah, D., Ghofur, A., Eryadini, N., Rachma, E. A., Youhanita, E., & Sidi, A. (2020). Workshop Virtual Pengembangan Desain Pembelajaran Jarak Jauh. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 454-464.

Olaniyi, O. N. (2022). Digital skill and future of business education students. International Journal of Multidis-ciplinary and Current Educational Research (IJMCER), 4(1), 186-192.

Rahmawati, M. (2022). Efektivitas Dakwah Akun Tiktok@ dinda_ibrahiim Bagi Generasi Z di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Saputra, N., Nugroho, R., Aisyah, H., & Karneli, O. (2021). Digital skill during covid-19: effects of digital leadership and digital collaboration. Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(2), 272-281.

Sousa, M. J., & Rocha, Á. (2019). Digital learning: Developing skills for digital transformation of organiza-tions. Future Generation Computer Systems, 91, 327-334.

Sumardi, L., Rohman, A., & Wahyudiati, D. (2020). Does the Teaching and Learning Process in Primary Schools Correspond to the Characteristics of the 21st Century Learning? International Journal of Instruc-tion, 13(3), 357-370.

Syahputra, E. (2024). Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya di Indonesia. Journal of Information System and Education Development, 2(4), 10-13.

Tomczyk, Ł. (2021). Declared and real level of digital skills of future teaching staff. Education Sciences, 11(10), 619.

Weidman, J. (1989). Undergraduate socialization: A conceptual approach. Higher education: Handbook of theory and research, 5(2), 289-322.

Van Laar, E., Van Deursen, A. J., Van Dijk, J. A., & De Haan, J. (2017). The relation between 21st-century skills and digital skills: A systematic literature review. Computers in human behavior, 72, 577-588.

Published

2025-03-27

How to Cite

Fernandes, R., Syafrini, D. ., Susilawati, N., Ferdyan, R., Permata, B. D. ., Rahman, S. A., Wita, G. ., Junaidi, J., Erianjoni, E., & Lianda, F. D. (2025). Meningkatkan Skill Digital untuk Profesionalisme Guru Abad 21. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 203–208. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1561