Pendampingan Santri dalam Membentuk Karakter pada Pagelaran Gontor Marching Band Competition (GMBC) 100 Tahun Gontor

Authors

  • Riza Ashari Universitas Darussalam Gontor
  • Yusuf Al Manaanu Universitas Darussalam Gontor
  • Yusril Aziz Universitas Darussalam Gontor
  • Nur Hadi Ihsan Universitas Darussalam Gontor
  • Meitria Cahyani Universitas Darussalam Gontor
  • Iman Nur Hidayat Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.997

Keywords:

Marching Band, Pendidikan, Pendampingan

Abstract

Pendampingan marching band dalam Gontor Marching Band Competition (GMBC) 100 tahun Gontor bertujuan memperkuat keterampilan musik, karakter, dan kepemimpinan peserta. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan potensi mereka dalam bidang musik dan kepemimpinan, yang sejalan dengan visi pendidikan Pondok Modern Gontor yang holistik. Dalam dunia yang semakin kompetitif, penting bagi generasi muda untuk memiliki keterampilan teknis yang mumpuni, terutama dalam bidang seni dan budaya. Selain itu, dengan semakin berkembangnya kegiatan ekstrakurikuler di berbagai tingkat pendidikan, kompetisi seperti GMBC menjadi platform yang dapat memotivasi dan menginspirasi siswa untuk meningkatkan kualitas diri mereka. Melalui pendekatan terencana, pendampingan ini meningkatkan kemampuan teknis bermain alat musik marching band serta koordinasi gerakan dan formasi. Evaluasi berkala selama latihan membantu mengidentifikasi dan memperbaiki area yang perlu ditingkatkan, sehingga peserta dapat tampil percaya diri dan kompeten dalam lomba pada 19 - 21 Juni 2024. Selain keterampilan musik, pendampingan ini juga berdampak positif pada pengembangan karakter, seperti disiplin, kerja sama tim, dan rasa percaya diri. Keberhasilan tim marching band mencerminkan dedikasi latihan dan komitmen Pondok Modern Gontor dalam menyediakan pendidikan holistik yang membentuk individu berbakat dan berkualitas. Pengalaman ini tidak hanya menghasilkan pencapaian prestisius, tetapi juga memperkuat komunitas dan mendukung visi pendidikan komprehensif di Pondok Modern Gontor.

Downloads

References

Agusto, T., & Yensharti. (2024). Metode Latihan Kegiatan Ekstrakurikuler Drum Band Untuk Musik Upacara di SMP Negeri 20 Padang. Edumusika, 2(2).

Elisabeth, E., Siwi, K. R., Wulandari, F., & Setyawan, R. (2023). Pendampingan Lomba Drumband dalam Kegiatan MBKM Bela Negara di Kota Salatiga. Jurnal Abdimas Peka, 6(2).

Fikri, W. (2020). Pelatihan Dasar Teknik Rudimen/Basic Stiking Pada Ekstrakurikuler Drum Band di SMP Pembangunan Lab UNP. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 4(1).

Gustina, N., Salihatin, I., Wibisono, A. P., & Halim, A. (2022). Ekstrakulikuler Marching Band Sebagai Salah Satu Sarana Pendidikan Karakter di SDN Meruya Utara 02 Pagi. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin V (SNIPMD V).

Hadi, M. S., & Ngainin, N. (2024). Program Ekstrakurikuler Drumband dalam Menunjang Kemampuan Seni Musik Kelas 5 MI Dahlaniyah Senori Tuban. Jurnal Terbit, 2(1).

Hafif, H. R. (2017). Kompleksitas Seni dalam Kegiatan Marching Band. Garak Jo Garik Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 13(1).

Haq, M. A. (2025). Manajemen Marching Band Pemuda Muhammadiyah Dengok Kabupaten Lamongan dalam Lagu Firework Karya Abid Herdiansyah. Repertoar, 5(2).

Haryanggita, A. K., & Murbiyantoro, H. (2015). Pembelajaran Ekstrakurikuler Drum Band di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kedunggalar Ngawi. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 3(2).

Hermawan, M. S. (2020). Marching band sebagai pendidikan berkarakter: Sebuah solusi komprehensif pendidikan non-formal bagi remaja. Victoria University of Wellington, New Zealand.

Husain, H. (2022). Seluruh Kegiatan di Gontor Adalah Pendidikan. https://gontor.ac.id/seluruh-kegiatan-di-gontor-adalah-pendidikan/.

Indriyani, I., Sutisnawati, A., & Nurmeta, I. K. (2024). Analisis Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 8(3).

Janingsih, J., Zen, F., Pratama, H., Yuliana, A. T. R. D. & Fadhlurrahman, F. (2025). Manajamen Pembinaan Santri dalam Mengembangkan Prestasi Non Akademik di Pondok Pesantren Al-Murtadlo Ponjong Gunungkidul. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 3(1).

Khopia, M. J., Usman, A. T., & Munawaroh, N. (2024). Ekstrakurikuler di Pesantren Modern Sebagai Upaya dalam Pembentukan Karakter Santri (Penelitian di Pondok Pesantren Darussalam, Kp. Sindangsari, Kec. Malangbong, Kab. Garut). JICN: Jurnal Intelek Dan Cedikiawan Nusantara, 1(2).

Muhtifah, L., Zaenuddin, & Nurhamzah. (2015). Model Pemberdayaan Mutu Pondok Pesantren Sebagai Pusat Studi Masyarakat. IAIN Pontianak Press.

Muttaqin, K. Z., Harun, U., Ubadah, & Erniati. (2023). Peranan Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor dalam Pembentukan Karakter Santri Pasca Pandemi Covid-19 di Kampus 11 Ittihadul Ummah Poso. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan (JIMPE), 2(2).

Safitri, N. L. G., Mariana, I. M. A., & Kusuma, I. M. W. (2021). Membangun Karakter Melalui Ekstrakurikuler Drum Band di SD Negeri 1 Legian. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1).

Shanti, B. D., Sukmayadi, Y., & Cipta, F. (2021). Pelatihan Marching Band Gita Bahana Juang Karawang. SWARA Jurnal Antologi Pendidikan Musik, 1(1), 44-53.

Syamsuri, S. & Borhan, J. T. B. (2016). Eksistensi dan Kontribusi Pondok Modern Darussalam Gontor dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal At-Ta’dib, 11(2), 201-226.

Syamsuri, S., Labolo, S. N. S. D., & Firdaus, I. M. (2023). Implementation of Panca Jangka as a Strategy to Develop the Pesantren Gontor. Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, 4(2), 177-194.

Tari, R., & Hadi, H. (2024). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Marching Band di SMA Negeri 5 Payakumbuh. Jurnal Kajian Ilmu Seni, Media Dan Desain, 1(5).

Taufiq, T. (2024). 100 Tahun Gontor: Tanamkan Dinamika dan Harmoni melalui Gontor Marching Band Competition. https://gontor.ac.id/100-tahun-gontor-tanamkan-dinamika-dan-harmoni-melalui-gontor-marching-band-competition/.

Utami, T., Permani, W., & Fadilla, R. N. (2021). Peran Ekstrakulikuler Marching Band Dalam Meningkatkan Minat Siswa Bersekolah. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar) “Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0.”

Zahiroh, N., & Wisnu, W. (2020). Pergolakan Santri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor 1965-1967. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 9(2).

Published

2025-03-27

How to Cite

Ashari, R., Al Manaanu, Y., Aziz, Y., Ihsan, N. H., Cahyani, M., & Hidayat, I. N. (2025). Pendampingan Santri dalam Membentuk Karakter pada Pagelaran Gontor Marching Band Competition (GMBC) 100 Tahun Gontor. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 20–29. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.997