Peningkatan Reputasi Sekolah Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi MGBK Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1077Keywords:
MGBK Madrasah Aliyah, Reputasi sekolah, Pelatihan penulisanAbstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan dalam penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru MGBK MA. Pendampingan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan menulis dan publikasi ilmiah para guru, sehingga mereka dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini meliputi pelatihan, workshop, dan bimbingan individu yang dilakukan secara intensif. Pelatihan efektif dalam meningkatkan pemahaman teori dan dasar-dasar penulisan ilmiah. Workshop sangat efektif dalam membantu peserta memahami struktur jurnal dan teknik penulisan. Pendampingan Individu sangat efektif untuk memastikan keberhasilan penulisan artikel karena memberikan bimbingan langsung sampai tahap akhir. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas dan kuantitas artikel ilmiah yang dihasilkan oleh para guru. Berdasarkan hasil evaluasi pre-test dan post-test, terjadi peningkatan pemahaman peserta mengenai struktur dan kaidah penulisan artikel ilmiah, di mana seluruh peserta mengalami perbaikan skor setelah mengikuti pelatihan. Selain itu, 100% artikel yang dihasilkan oleh para guru sebagai peserta pengabdian ini telah berhasil diunggah ke Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains. Partisipasi aktif dalam pendampingan ini juga meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri guru dalam menulis dan mempublikasikan karya ilmiah, sebagaimana dibuktikan dengan peningkatan jumlah peserta yang berhasil memahami teknik sitasi, penggunaan referensi berbasis database akademik, serta format penulisan yang sesuai dengan standar jurnal ilmiah. Dengan demikian, program pendampingan ini terbukti menjadi model yang efektif untuk diterapkan di institusi pendidikan lainnya guna meningkatkan budaya menulis dan penelitian di kalangan para guru, serta berkontribusi pada peningkatan reputasi akademik sekolah.
Downloads
References
Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(1), 59–65. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.12457
Chamalah, E., Azizah, A., Arsanti, M., Setiana, L. N., Turahmat, & Wardani, O. P. (2022). Peningkatan Literasi bagi Guru MGMP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kota Tegal melalui Pendampingan Penulisan Artikel. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i4.10460
Hamdi, S. et al. (2023). Workshop peningkatan kapasitas guru sekolah menengah dalam penulisan karya ilmiah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).
Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2602
hendrastuty, N., Ghufron An, M., Paradisiaca, M., Hutagalung, S., & Mahendra, A. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Populer Untuk Menunjang Kenaikan Pangkat Bagi Guru di SMAN 4 Bandar Lampung. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 3(2), 301–305. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas
Ilham, A., Nuruddin, Sarip, M., & Setiadi, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Profesi Guru Bahasa Arab Melalui Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Berbasis Open Journal System. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 7–13. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.7803
Kasiyan, K. Zuhdi, B. M., Zulfi, H., Aran, H., & Maraja, S. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaanmasyarakat, 3(1).
Kusumaningrum, A., Wintolo, H., Dewi Retnowati, N., Setiawan Honggowibowo, A., & Pujiastuti, A. (2024). Pendampingan Pelatihan IT Essential Cisco Networking Guna Meningkatkan Daya Saing Lulusan SMK N 3 Yogyakarta. Jurnal SOLMA, 13(1), 338–345. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.12905
Liberna, H., Saputra, A., & Sulistyaningsih, E. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-guru MTs N 40 Jakarta Barat. Jurnal Abdidas, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.196
Marwa, M., & Dinata, M. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal bagi Guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.30653/002.202051.256
Noviyanti, D. V., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Bimbingan Belajar, Regulasi Emosi, dan Metode Pemberian Tugas Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Khairunnas Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2).
Nuraini, L., Sudarti, & Prastowo, S. H. B. (2023). Evaluasi keterampilan guru SMA/MA dalam menulis artikel ilmiah melalui pelatihan strategi efektif publikasi artikel pada jurnal ilmiah nasional. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 112–124. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19437
Riana, R., Lase, F., Halawa, N., Hura, D., Zega, I., & Lase, B. P. (2024). Strategi Efektif untuk Mengubah Skripsi Menjadi Artikel Ilmiah: Panduan Pelatihan Konversi yang Sukses. Jurnal Education and Development, 12(1).
Sagala, D., Supriyono, S., Sutardi, D., & Prihanani, P. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 1. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i1.742
Sari, I. N., & Fita Heriyawati, D. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Komunitas Guru Sekolah Dasar Melalui Service Learning Approach di Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04, 563–573. http://engagement.fkdp.or.id/index.php/engagement/article/view/24.
Setiawan, A., Mujianto, G., & In’am, A. (2024). Profil Artikel Guru SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dalam Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i1.528
Sulianto, J., Fita Asri Untari, M., Arief Budiman, M., & Yusuf Setia Wardana, M. (2019). Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Karya Tulis Ilmiah Dan Karya Tulis Populer Bagi Kelompok Kerja Guru Kelas Gugus Joko Tingkir Kota Salatiga. JPKM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(1). http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/14396
Sumarni, Titis Prayitno, A., & Adiastuty, N. (2020). Pendampingan penulisan Artikel ilmiah Bagi Guru-Guru SMA Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Al Khidmat : Jurnal Ilmiah Pengabdiankepada Masyarakat, 3(1).
Wiharto, W., Fatimah, S., & Suryani, E. (2019). Pendampingan Guru Sma Kabupaten Klaten Dalam Rangka Publikasi Ilmiah dengan E-Balada. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 185–190. https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.942
Zulfika, I. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah. Jurnal IPMAS, 1(2), 83-89.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hero WIntolo et al

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.