Efektivitas Pelatihan Kader dalam Peningkatan Pengetahuan tentang HIV/AIDS
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i3.1228Keywords:
AIDS, HIV, Kader, PelatihanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat pengetahuan kader tentang HIV/AIDS sebelum dan sesudah diberikan pelatihan kader, menggunakan metode uji t sampel berpasangan. Sampel penelitian terdiri dari 31 kader yang tersebar di wilayah kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan kader setelah intervensi pelatihan Kader diberikan. Peningkatan ini relevan dengan literatur yang ada, yang menunjukkan bahwa program penyuluhan dan pelatihan intensif efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi kader di bidang pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS. Pada awal penelitian, tingkat pengetahuan kader tentang HIV/AIDS relatif rendah, yang dapat dikaitkan dengan keterbatasan akses terhadap informasi yang akurat dan pelatihan yang memadai. Setelah intervensi, terdapat peningkatan signifikan dalam pengetahuan yang diukur dengan p-value < 0,05, yang mengindikasikan dampak positif dari pelatihan kader. Meskipun demikian, tantangan dalam menjaga keberlanjutan peningkatan ini masih ada, seperti keterbatasan sumber daya dan stigma sosial yang berkelanjutan. Hasil ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan program pelatihan yang berkelanjutan bagi kader di Indonesia.
Downloads
References
Abraham, I. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.36312/JIME.V8I3.3800
Arifin, H., Ibrahim, K., Rahayuwati, L., Mulyadi, A., Sitorus, R. J., & Wahyuni, S. (2022). HIV-related knowledge, information, and their contribution to stigmatization attitudes among females aged 15–24 years: Regional disparities in Indonesia. BMC Public Health, 22(637). https://doi.org/10.1186/s12889-022-13046-7
Azzahra, N. F., & Fitriani, E. (2024). Strategi Sosial dalam Pencegahan Bahaya HIV/AIDS pada Pekerja Seks Perempuan (PSP). Jurnal Perspektif, 7(2), 248-257.
Busza, J., Dauya, E., Bandason, T., Simms, V., Dziva Chikwari, C., Makamba, M., Mchugh, G., Munyati, S., Chonzi, P., & Ferrand, R. A. (2018). The role of community health workers in improving HIV treatment outcomes in children: Lessons learned from the ZENITH trial in Zimbabwe. Health Policy and Planning, 33(3), 328–334. https://doi.org/10.1093/heapol/czx187
Cancedda, C., Farmer, P. E., Kerry, V., Nuthulaganti, T., Scott, K. W., Goosby, E., & Binagwaho, A. (2015). Maximizing the impact of training initiatives for health professionals in low-income countries: Frameworks, challenges, and best practices. PLoS Medicine, 12(6), e1001840. https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1001840
Dave, S., Peter, T., Fogarty, C., Karatzas, N., Belinsky, N., & Pant Pai, N. (2019). Which community-based HIV initiatives are effective in achieving UNAIDS 90-90-90 targets? A systematic review and meta-analysis of evidence (2007-2018). PLoS ONE, 14(7), e0219826. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0219826
Dedi, F., Dede P. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85-114.
Fadhli, K., Rahmawati, I., Widyaningsih, B., Nazila, L. R., Dhiyaaulhaq, N., & Islam, A. B. A. (2024). Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pelatihan Wirausaha Produk Olahan Makanan. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1-8.
Hennein, R., Ggita, J. M., Turimumahoro, P., Wanyenze, R. K., & Kayendeke, M. (2022). Core components of a Community of Practice to improve community health worker performance: A qualitative study. Implementation Science Communications, 3(27). https://doi.org/10.1186/s43058-022-00279-1
Johnson, L. J., Schopp, L. H., Waggie, F., & Frantz, J. M. (2022). Challenges experienced by community health workers and their motivation to attend a self-management programme. African Journal of Primary Health Care & Family Medicine, 14(1), 2911.
Kalula, S. Z., Blouws, T., Ramathebane, M., & Eshun, G. (2023). HIV and AIDS prevention: Knowledge, attitudes, practices, and health literacy of older persons in the Western Cape and KwaZulu-Natal Provinces, South Africa and in Lesotho. BMC Geriatrics, 23(279). https://doi.org/10.1186/s12877-023-04009-7
Langi, G. G., Rahadi, A., & Praptoraharjo, I. (2022). HIV-related stigma and discrimination among health care workers during early program decentralization in rural district Gunungkidul, Indonesia: A cross-sectional study. BMC Health Services Research, 22(356). https://doi.org/10.1186/s12913-022-07751-7
Lorente, N., Sherriff, N., & Panochenko, O. et al. (2021). The role of community health workers within the continuum of services for HIV, viral hepatitis, and other STIs amongst men who have sex with men in Europe. Journal of Community Health, 46(545–556). https://doi.org/10.1007/s10900-020-00900-1
Muharman, M., Jendrius, J., & Indradin, I. (2019). Praktik Sosial Pengasuhan Anak Terinfeksi Hiv Dan Aids Dalam Keluarga Di Kota Padang: Studi Enamkeluarga dengan Anak Terinfeksi Hiv/Aids. Fokus Jurnal Kajian Keislam dan Kemasyarakatan, 4(2), 173-193.
Okonji, E. F., Mukumbang, F. C., & Orth, Z. et al. (2020). Psychosocial support interventions for improved adherence and retention in ART care for young people living with HIV (10–24 years): A scoping review. BMC Public Health, 20(1841). https://doi.org/10.1186/s12889-020-09717-y
Rajabiun, S., Baughman, A., Sullivan, M., Poteet, B., Downes, A., Davich, J. A., Phillips, S., Jackson, P., Miles, L., Drainoni, M. L., & Evans, E. M. (2021). A participatory curricula for community health workers and supervisors to increase HIV health outcomes. Frontiers in Public Health, 9(689798).
Schleiff, M. J., Mburugu, P. M., Cape, J., Mwenesi, R., Sirili, N., Tackett, S., Urassa, D. P., Hansoti, B., & Mashalla, Y. (2021). Training curriculum, skills, and competencies for global health leaders: Good practices and lessons learned. Annals of Global Health, 87(1).
Sumargo, B., Siregar, D., El Hakim, L., Hilmianto, R., & Umbara, D. (2024, November). Pelatihan Penyusunan Instrumen Kuesioner untuk Mengukur Variabel Abstrak pada Guru SMA/SMK di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 5, No. 1, pp. SNPPM2024P139-SNPPM2024P149).
Zahroh, D. A., Yusrani, K. G., Julis, P. A., Audina, P., Mumtaz, F. A., & Hewbawani, C. K. (2022). Metode Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada Usia Produktif dalam Mencegah HIV/AIDS. Jurnal Medika Cendikia, 9(1), 44-59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.