Pelatihan Digital Canva untuk Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam Peningkatan Kompetensi Guru SMK
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i3.1232Keywords:
Canva, Guru SMK, Kompetensi digital, Perangkat pembelajaran, PelatihanAbstract
Penguasaan kompetensi digital guru SMK sangat penting agar pembelajaran lebih responsif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan industri. Namun, banyak guru masih menghadapi kendala dalam memanfaatkan aplikasi digital untuk pengembangan perangkat pembelajaran. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini melibatkan 20 guru SMK di Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai. Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahap: (1) sosialisasi kurikulum responsif teknologi, (2) pelatihan intensif penggunaan Canva untuk pembuatan perangkat pembelajaran, dan (3) pendampingan serta evaluasi hasil. Instrumen evaluasi meliputi angket pemahaman (skala Likert 1–5), pre-test dan post-test keterampilan digital, serta penilaian produk perangkat pembelajaran. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata skor pemahaman 62,50 (kategori kurang), meningkat menjadi 85,00 pada post-test (N-Gain = 0,60, kategori sedang–tinggi). Analisis angket menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap Canva sebesar 80% (kategori baik–sangat baik). Tingkat kepuasan peserta terhadap materi pelatihan mencapai 72,6% (kategori baik), sementara 91% peserta mampu menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Canva yang dinilai layak oleh validator ahli (rata-rata skor kelayakan 3,45 dari 4). Hasil ini membuktikan bahwa pelatihan Canva efektif meningkatkan pemahaman, keterampilan digital, serta kreativitas guru dalam merancang perangkat pembelajaran interaktif. Program juga berhasil membentuk komunitas belajar guru yang aktif berkolaborasi dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi. Dengan demikian, pelatihan serupa layak direplikasi di wilayah lain untuk memperkuat kompetensi digital guru SMK.
Downloads
References
Aditya, D. S. (2021). The Implementation of Digital Literacy in the Learning Process. Journal of Educational Technology, 5(1), 14–22. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32820
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf
Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Hidayat, A., & Prasetyo, Z. K. (2019). Designing Interactive Digital Teaching Materials for Vocational High School Using Canva. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 14(4), 211–218. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i04.9718
Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7569–7577. https://doi.org/https://doi.org/10.31 004/edukatif.v4i6.4177
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 687- 706. https://doi.org/https://doi.org/10.47 668/edusaintek.v9i3.576
Ma’rufah, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Digitalisasi Pendidikan. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 17–29. http://www.jurnaledukasia.org/inde x.php/edukasia/article/view/62
Mahardhani, A. J. (2020). JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (Print) Menjadi Warga Negara yang Baik pada Masa Pandemi Covid-19: Persprektif Kenormalan Baru. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 65 76. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp65-76
Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Sliwangi, 04(02), 335–343. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas siliwangi/article/view/6859/2593
Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 1941–1954.
Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., Suryaningsih, S., Usman, & Lestari, I. D. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2. 578
Setiawan, A., & Darmawan, D. (2020). Digital Literacy of Teachers in Vocational Schools. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 26(2), 177–187. https://doi.org/10.21831/jptk.v26i2.33472
Shokaliuk, S. V., Bohunenko, Y. Y., Lovianova, I. V., & Shyshkina, M. P. (2020). Technologies of distance learning for programming basics on the principles of integrated development of key competences. CEUR Workshop Proceedings, 2643, 548–562. https://ceur-ws.org/Vol-2643/paper32.pdf
Silvana, H., Rullyana, G., & Hadiapurwa, A. (2019). Kebutuhan Informasi Guru Di Era Digital: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Labschool Universitas Pendidikan Indonesia. Baca: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 40(2), 147–158. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.454
Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan pemasaran online berbasis digital untuk meningkatkan penjualan bisnis online pada umkm di desa cicalengka kecamatan pagedangan kabupaten tangerang. Dedikasi PKM, 2(3), 307–311.
Suparno, S., & Asmawati, L. (2019). Monitoring dan Evaluasi Untuk Peningkatan Layanan Akademik dan Kinerja Dosen Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 6(1).
Wahyuni, W. R. (2022). Perencanaan Penerapan Modul Kegiatan P5(Kewirausahaan), pada Fase B di SDN Banjarejo 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1626–1634. http://prosiding.unipma.ac.id/index. php/KID
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.