Pengolahan Citra Planet Scope untuk Meningkatkan Pemrosesan Data Digital pada GIS Siswa SMKN 1 Bukittinggi

Authors

  • Sri Kandi Putri Universitas Negeri Padang
  • Mentari Dian Pertiwi Universitas Negeri Padang
  • Septiana Vratiwi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v7i3.1238

Keywords:

Citra Planet Scope (CPS), SIG, SMKN 1 Bukittinggi, Teknik Geomatika

Abstract

Pelatihan pemrosesan citra PlanetScope (CPS) bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa SMKN 1 Bukittinggi, Departemen Teknik Geomatika, dalam memproses data digital yang relevan untuk Sistem Informasi Geografis (SIG). Pelatihan meliputi pengenalan terhadap konsep dasar citra satelit, teknik pengolahan data, dan penerapan GIS untuk analisis geospasial. Metode yang digunakan meliputi pengembangan materi pelatihan yang disesuaikan dengan kurikulum, penyediaan hardware dan software, serta sesi praktik langsung dan demonstrasi. Pelatihan diikuti oleh 30 siswa, menggunakan instrumen evaluasi pretest–posttest, observasi, serta penugasan praktik. Hasil nilai menunjukkan rata-rata pretest dan 64,47 dengan standar deviasi 12,25, sedangkan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 85,29 dengan standar deviasi 11,95. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai t = -12,56 dengan p < 0,001. Evaluasi hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mahasiswa tentang pemrosesan citra CPS dan kemampuan mereka dalam menggunakan perangkat lunak GIS. Pelatihan juga meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri siswa dalam mengaplikasikan keterampilan baru. Secara kesimpulan, Pelatihan CPS terbukti efektif menyiapkan siswa menghadapi kebutuhan industri geomatika berbasis digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arya, H., Ramas, A., Prayitno, T., Triutami, A., & Baidowi. (2024). Pengaruh intervensi pendidikan terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Tanjung. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(2), 123–135. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i2.8690

Amalia, S. R. R., Ulhaq, J. D., Putri, M., & Tisani, S. D. (2024). Pemanfaatan Citra Satelit Untuk Mengidentifikasi Perubahan Bentang Lahan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, 2(2), 314-323.

Bhatia, A., Verma, P., & Singh, R. (2022). Advancing vocational training with geospatial technologies: A review of GIS-based education. International Journal of Geoinformatics, 18(2), 45–58. https://doi.org/10.1234/ijg.2022.18.2.45

Chang, K. T. (2016). Geographic information system. International Encyclopedia of Geography: People, the Earth, Environment and Technology: People, the Earth, Environment and Technology, 1-9.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th ed.). Routledge.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Chang, K. T. (2016). Introduction to geographic information systems (8th ed.). New York: McGraw-Hill.

Daryono, et all. (2021). Development and validation of video-based learning media to increase competency achievement in civil engineering education. Journal of Physics: Conference Series, 1833, 1-10.

Daryono, R., Pratama, B., & Hidayat, A. (2021). Implementasi teknologi sistem informasi geografis dalam analisis spasial berbasis pendidikan. Jurnal Geografi, 13(2), 67–76. https://doi.org/10.23917/jg.v13i2.13456

Fitrawansah, F., Sultan, S., Alif, Y., Yope, Y., & Harviani, H. (2024). Pengaruh media digital terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengantar manajemen keuangan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 14350–14360. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.14350

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2019). How to Design and Evaluate Research in Education (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Fitria, D., Rahman, T., & Syafril, A. (2023). Pemanfaatan citra resolusi tinggi untuk pembelajaran kejuruan berbasis GIS di sekolah vokasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 13(1), 112–124. https://doi.org/10.21831/jpv.v13i1.54321

Gorelick, N., Hancher, M., Dixon, M., Ilyushchenko, S., Thau, D., & Moore, R. (2017). Google Earth Engine: Planetary-scale geospatial analysis for everyone. Remote Sensing of Environment, 202, 18–27. https://doi.org/10.1016/j.rse.2017.06.031

Hamidi, H. (2012). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Penyebaran Dana Bantuan Operasional Sekolah. Jurnal Masyarakat Informatika, 2(3), 1-14.

Handayani, L., Rulyansah, A., Nafiah, & Hartatik, S. (2022). The effectiveness of educational intervention on fourth grade learning outcomes at UPT SD Negeri 183 Gresik. Education and Human Development Journal, 7(1), 3251–3260. https://doi.org/10.33086/ehdj.v7i1.3251

Hasan, M., Karim, A., & Chowdhury, S. (2021). Integration of GIS and remote sensing in vocational education: Enhancing geospatial skills for sustainable development. Education and Information Technologies, 26(5), 5437–5452. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10523-4

Iswara, D. M. (2024). Metode pembelajaran yang sesuai untuk peserta didik. Karimah Tauhid, 3(5), 5984-6013.

Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi pendidikan: peran pendidikan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 2416-2422.

Karjanto, N., & Acelajado, M. (2022). Sustainable Learning, Cognitive Gains, and Improved Attitudes in College Algebra. arXiv preprint. https://arxiv.org/abs/2210.15979

Jufri, A. P., et al. (2023). Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, dan Metode yang Efektif. Jakarta: Ananta Vidya.

Kusumaningtyas, R., Sholehah, I.M.A. and Kholifah, N., 2020. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Warta LPM, 23(1), pp.54-62.

Manfreda, S. et al. (2019). On the use of unmanned aerial systems for environmental monitoring. Remote Sensing, 11(7), 786. https://doi.org/10.3390/rs11070786

Pertiwi, M. D., Putri, S. K., & Jaya, W. (2023). Improving the Ability of Smkn 1 Bukittinggi Students Majoring in Geomatics Engineering to Use the Global Navigation Satellite System (GNSS). Sumatra Journal of Disaster, Geography and Geography Education, 7(2), 15-18.

Putri, S. K., Pertiwi, M. D., & Arifian, N. A. (2024). Use of Planetscope Imagery to Identify Galodo in Sungai Jambu, Pariangan, Tanah Datar, West Sumatra. Sumatra Journal of Disaster, Geography and Geography Education, 8(1), 118-125.

Sudianto, A., Ida, N., & Wijaya, L. K. (2020). Penerapan Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Bengkel Tambal Ban di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 3(1), 51-57.

Wang, P., Liu, H., & Zhang, Y. (2022). The comparative effect of online instruction, flipped instruction, and traditional instruction on developing Iranian EFL learners’ vocabulary knowledge. Education Research International, 2022, 6242062. https://doi.org/10.1155/2022/6242062

Zunaidi, A., 2024. Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas. IAIN Kediri.

Zhang, H., Xu, J., & Wang, L. (2019). Mapping land use/land cover using PlanetScope imagery and machine learning. Remote Sensing, 11(15), 1746. https://doi.org/10.3390/rs11151746

Published

2025-09-30

How to Cite

Putri, S. K., Pertiwi, M. D., & Vratiwi, S. (2025). Pengolahan Citra Planet Scope untuk Meningkatkan Pemrosesan Data Digital pada GIS Siswa SMKN 1 Bukittinggi. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(3), 761–767. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i3.1238