Pendampingan Penyusunan Instrumen Evaluasi untuk Mengukur Computational Thinking Skill Peserta Didik Bagi Guru-Guru Matematika SMP
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i3.1248Keywords:
Computional thinking, Instrumen evaluasi, Matematik, Pengabdian masyarakatAbstract
Instrumen evaluasi yang digunakan guru selama ini belum fokus pada computational thinking, hal ini disebabkan pemahaman guru terhadap computational thinking masih terbatas. Guru sebagai komponen tidak terlepas dari pembelajaran, perlu memiliki kemampuan yang baik terhadap computational thinking dan kemampuan menyusun instrumen evaluasi yang dapat mengukur computational thinking peserta didik. Sehingga diperlukan adanya penelitian yang memperlihatkan secara detail mengenai alat evaluasi keterampilan computational thinking di semua tingkat pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru matematika tingkat SMP di Kabupaten PALI mengenai computational thinking dan pengembangan instrumen evaluasi berbasis computational thinking dalam pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Talang Ubi secara luring pada 6 Agustus 2024 dan dilanjutkan secara daring hingga September 2024 yang diikuti oleh 31 guru dari berbagai SMP di Kabupaten PALI. Kegiatan ini dilakukan dalam empat tahap yaitu tahap persiapan, implementasi, pendampingan dan follow up. Kegiatan pelaksanaan pelatihan berupa penyampaian teori dan praktek terkait topik dengan diawali pre test dan diakhiri dengan post test. Hasil pretest menunjukkan bahwa lebih dari 70% peserta memiliki skor di bawah 70, dengan rata-rata nilai sebesar 57,74. Hasil postest menunjukkan bahwa lebih dari 70% peserta menjawab dengan benar, kecuali pada soal mengenai fungsi evaluasi, hanya 44% peserta yang berhasil menjawab dengan benar. Secara keseluruhan, 55,5% peserta memperoleh skor di atas 70. Meskipun pemahaman peserta secara umum sudah baik, masih perlu peningkatan lebih lanjut, khususnya pada aspek abstraksi dan fungsi evaluasi. Respon peserta terhadap kegiatan ini sangat baik, dengan skor rata-rata kepuasan 91,75, diharapkan kegiatan dapat berlanjut di masa mendatang.
Downloads
References
Bråting, K., & Kilhamn, C. (2021). Exploring the intersection of algebraic and computational thinking. Mathematical thinking and learning, 23(2), 170-185.
Bellanca, J., & Brandt, R. (2010). 21st Century Skills: Rethinking How Students Learn. Solution Tree Press.
Brennan, K., & Resnick, M. (2012). New Frameworks for Studying and Assessing the Development of Computational Thinking. Annual American Educational Research Association Conference, Vancouver, Canada.
Cansu, F. K., & Cansu, S. K. (2019). An overview of computational thinking. International Journal of Computer Science Education in Schools, 3(1). https://doi.org/10.21585/ijcses.v3i1.53
Denning, P. J. (2009). Beyond computational thinking. Communications of the ACM, 52(6), 28-30.
Darling-Hammond, L., & McLaughlin, M. W. (1995). Policies that support professional development in an era of reform. Phi delta kappan, 76(8), 597-604.
Desimone, L. M. (2009). Improving impact studies of teachers' professional development: Toward better conceptualizations and measures. Educational researcher, 38(3), 181-199.
Ganiadi, M., Mulyaningsih, D., Rachman, D., Azky, S. N., Karimah, T., & Hasanah, H. (2025). Analisis
Ketercapaian Pelaksanaan Program Pelatihan Komputer (Perkantoran) di LPK Teknos Ciruas, Kabupaten Serang. Citizen: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 5(3), 2025. https://doi.org/10.53866/jimi.v5i3.836
Gunawan Supiarmo, M., Sholikin, N. W., Harmonika, S., Gaffar, A. (2022). Implementasi Pembelajaran
Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa. Journal, 9(1), 1–13. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy
Hapizah, Muli Mariela, A., & Mulyono, B. (2024). Assessing seventh-grade students’ computational thinking skills
through problem-based learning: Focus on integer addition and subtraction. Journal of Honai Math, 7(2), 197–214. https://doi.org/10.30862/jhm.v7i2.560
Hartono, Y., Dwi Pratiwi, W., Araiku, J., Nuraeni, Z., Sriwijaya, U., & Selatan, S. (2019). Pendampingan
Penggunaan LaTeX untuk Penulisan Artikel Ilmiah bagi Dosen Universitas PGRI Palembang. IJCCS, 1, (I1). https://ojs.umrah.ac.id/index.php/anugerah
Jayanti, R., D., Mulyono, B., & Cahyawaty, D. (2025). Design Student Worksheet on the Topic of Ratio to
Support Students’ Computational Thinking Skills. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 16(1), 154–170. https://doi.org/10.15294/kreano.v16i1.16313
Jonassen, D. H. (2000). Toward a design theory of problem solving. Educational Technology Research and Development, 48(4), 63-85.
Jonassen, D. H. (2011). Learning to Solve Problems: A Handbook for Designing Problem-Solving Learning Environments. Routledge.
Griselda, V. E. (2021). Peningkatan Computational Thinking Guru dalam Menghadapi Blended Learning. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 1(01). https://doi.org/10.47709/jpsk.v1i01.1291
Grover, S., & Pea, R. (2013). Computational Thinking in K–12: A Review of the State of the Field. Educational Researcher, 42(1), 38-43.
Grover, S., & Basu, S. (2017). Measuring Computational Thinking in K-12: A Systematic Literature Review. ACM Transactions on Computing Education (TOCE), 17(1), 5.
Grover, S., & Pea, R. (2018). Computational Thinking in K–12: A Review of the State of the Field. Educational Researcher, 47(9), 0013189X18785740
Guskey, T. R. (2002). Professional development and teacher change. Teachers and teaching, 8(3), 381-391.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.
Kolodner, J. L. (2002). Facilitating the Learning of Design Practices: Lessons Learned from an Inquiry into Science Education. Journal of Industrial Teacher Education, 39(3), 23-44.
Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational Thinking Pemecahan Masalah di Abad Ke-21 (Issue December).
Mubharokh, A. S., Hapizah, & Susanti, E. (2023). The Positive Impact of E-LKPD Material on Number Patterns Based on Computational Thinking with the Malay Islamic Context on Students’ Mathematical Reasoning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 56(2). https://doi.org/10.23887/jpp.v56i2.65850
Mulyono, B., Fachrurrozi, M., Aidil Fitrisyah, M., Hauda, N., Rahmadhani, F., Amelia, L., Fitri Humaira, D., Julianti, A., & Laurencia Sembiring, A. (2024). Pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis computational thinking bagi guru-guru matematika SMP di Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (PALI). Jurnal Anugerah, 6(2), 133–146. https://doi.org/10.31629/anugerah.v6i2.6997
National Research Council. (2010). Exploring the Intersection of Science Education and 21st Century Skills: A Workshop Summary. National Academies Press.
Rahmatina Rahim, F., Widodo, A., Riksa Yustiana, Y., & Ha, M. (2023). Assessment Of Computational Thinking: Sebuah Kajian Literatur Sistematis. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 71. https://doi.org/10.34125/jmp.v8i2.1221
Rama, W., Mulyono, B., & Hapizah. (2023). Analisis Kemampuan Computational Thinking Matematis Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM).
Saad, A. (2020). Students’ computational thinking skill through cooperative learning based on hands-on, inquiry-based, and student-centric learning approaches. Universal Journal of Educational Research, 8(1). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080135
Salwadila, T., & Hapizah. (2024). Computational Thinking Ability In Mathematics Learning Of Exponents In Grade IX. Infinity Journal, 13(2), 441–456. https://doi.org/10.22460/infinity.V13i2.P441-456
Sari, G. R. M., Lisda, P., Nugraha, P. L., & Iskandar, S. (2025). Analisis Pentingnya Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 448–459.
Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons.
Ostian, D., Hapizah, H., & Mulyono, B. (2023). Interactive e-student worksheet based on computational thinking with South Sumatera Traditional Game context. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 9(2), 101-122.
Voogt, J., & Pareja Roblin, N. (2010). 21st Century Skills: Discussing the Challenges and Opportunities for Educators. In J. Voogt & G. Knezek (Eds.), International Handbook of Information Technology in Primary and Secondary Education (pp. 3-20). Springer.
Wing, J. M. (2006). Computational Thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33-35.
Nugroho, N. E., & Yulianto, A. E. (2023). Penyuluhan Dan Pendampingan Penanganan Komplain Pada Pt Cipta Daya Gemilang Surabaya. Hikmayo: Jurnal Pengabdian Masyarakat Amayo, 2(2), 1-9.
Zahid, M. Z. (2020). Telaah Kerangka Kerja PISA 2021 Era Integrasi Computational Thinking dalam Bidang Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3(2020).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.