Menciptakan Joyful Learning Melalui Pemanfaatan Media Berbasis Budaya dan Digital di SDN Dasok 3 Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i3.1251Keywords:
Budaya, Digital, Joyful learning, MediaAbstract
Salah satu kunci keberhasilan pembelajaran di sekolah dasar adalah siswa memiliki pengalaman menyenangkan belajar di kelas. Namun, kondisi ini tidak terjadi di semua proses pembelajaran. Terkadang sering ditemukan siswa merasa tidak mendapatkan pengalaman apapun. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor internal dari diri siswa maupun faktor eksternal dari lingkungan belajar di kelas. Permasalahan ini dialami juga oleh siswa di sekolah mitra yaitu SDN Dasok 3 Pamekasan. Hasil identifikasi permasalahan menunjukkan bahwa pembelajaran cenderung monoton dan minim penggunaan media, sehingga pengalaman belajar yang diperoleh siswa tidak variatif dan menyenangkan. Kondisi ini diatasi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang berfokus pada pelibatan aktif guru dan siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran yang mengandung unsur budaya dan digital. Adapun media yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran meliputi media TriMaDa (Tiga Macam Budaya), media Utapadu (Ular Tangga Pantai Madura), media Filosofi Pakaian Adat di Madura, media Benda-Benda Cagar Budaya, dan media digital berupa video pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Berdasarkan hasil angket respon, siswa dan guru sangat setuju bahwa pemanfaatan media budaya dan digital memberikan pengalaman menyenangkan selama pembelajaran.
Downloads
References
Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat SD. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72-80.
Aini, S. d, Subaidi, A., Tafrilyanto, C. F., Surahmi, E., Nisa, K., & Saleh, B. (2022). Pendampingan Pembuatan Modul Pembelajaran Digital Bagi Guru SD Negeri Bugih 1 Pamekasan. D’edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).
Andriani, A., Ayu Saputri, D., Hopipah, R., & Puspa Dewi, T. (2024). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN 63/X Nibung Putih. Journal on Teacher Education, 5(3), 215-222.
Arifin, Z., Surindra, B., Irmayanti, Afandi, T. Y., Lukiani, E. R. M., & Prastyaningtyas, E. W. (2022). Pendampingan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(2), 486–496.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Astuti, M., Suryana, I., Anggraini, N. ., Fitri, A. ., Fajar, M. ., & Astuti, P. . (2024). Media Pembelajaran Sebagai Pusat Sumber Belajar. Journal of Law, Administration, and Social Science, 4(5), 702–709.
Ausubel. (2000). The Acquistion and Retention of Knowledge: A Cognitive View. Springer Science+Business.
Efendi, M. Y., Fathoni, M. I. A., & Yulia, N. M. (2024). Pembedayaan KKG SD dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran melalui Pelatihan Pendidikan Metaverse. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(4), 852–860.
Firmansah, F. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2).
Fitriyyah, N. F., Huda, C., Solikhin, R., & Sulianto, J. (2024). Penerapan Media Nusacard Berbasis Keberagaman untuk Meningkatkan Literasi Budaya Kelas IV. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 4(3).
Hurriyati, D., Rosada, M., Tama, M. ., & Ramdhani, M. . (2022). Metode Joyfull Learning Dapat Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Anak Sekolah Dasar. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1).
Istiqomah, U., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika melalui Joyful Learning. Istiqomah, U., & Prihatnani, E, 8(3), 471–482.
Kanthed, D. B., Soni, D. A., Dive, D. K., & Sharma, P. A. (2024). The Role Of Media In Education: A Comprehensive Review. Educational Administration: Theory and Practice, 30(3), 2533–2536.
Khasanah, L. A. I. U., Kharisma, A. I., Hidayah, R., & Fitria, N. A. (2024). Sosialisasi Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Kearifan Lokal untuk Guru SD Muhammadiyah 1 Babat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 707–711.
Maisarah, Ayudia, I., Prasetya, C., & Mulyani. (2023). Analisis Kebutuhan Media Digital Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48–59.
Marhadi, H., Fernandes, F. R., Huwaida, S. S., Wanda, Rahmi, A., Elvagen, M. A., & Simanjuntak, D. A. (2022). Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Budaya Lokal Kuantan Singingi Bagi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Benai. KALNDRA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 142–147.
Mujiono. (2020). Joyful Learning untuk Peningkatan Prestasi Belajar Aljabar Kelas SMP Negeri 1 Wonomerto. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(1).
Novela, D., Suriani, A., & Nisa, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Inovatif melalui Media Digital di Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(2).
Nursidiq, A. P., & Batubara, H. H. (2022). Pengalaman Guru Sekolah Dasar dalam Menggunakan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5).
Pamungkas, W. ., & Koeswanti, H. . (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru.
Praharsini, A., & Ahsani, E. (2023). Pembelajaran Joyfull Learning Dengan Puzzle Game Berbasis Eksperimen: Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA. FASHLUNA, 4(1), 25–39.
Restu, I., & Sunaryati, T. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA.
Rohani, A., Halizah, N., Wandini, R. ., & Ritonga, S. (2021). Pengaruh Metode Joyfull Learning terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 208–215.
Rohim, A., & Wardani, I. S. (2024). Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Sosial Humoniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(4), 91–101.
Sae, H., & Radia, E. H. (2023). Media Video Animasi dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Indonesian Journal of Education and Social Science, 2(2), 65–73.
Singh, S. (2014). Creating a Joyful Learning Environment at Primary Level. SPIJE, 4(1), 10–14.
Sufiani, S., & Marzuki, M. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 121–141.
Supriyono, S. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.
Teapon, N., & Sulasmono, B. . (2023). Development of Smartphone-Based Mathematics Learning Media: Systematic Literature Review (SLR). Proceedings of the 2023 7th International Conference on Education and E-Learning.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. . (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar.
Wali, M., Lina, V. B., Rando, A. R., & Pali, A. (2024). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Inpres Ende 7 Kabupaten Ende. Community Development Jornal: Junal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 954–960.
Waterworth, P. . (2020). Creating Joyful Learning within a Democratic Classroom. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education, 3(2), 109–116.
Widyawulandari, R., ., S., & Indriayu, M. (2019). Implementation of Joyful Learning Approach in Providing Learning Motivation for Elementary School Student. Proceedings of the International Conference on Science, Technology, Education, Arts, Culture and Humanity - “Interdisciplinary Challenges for Humanity Education in Digital Era” (STEACH 2018).
Wiranata, R. R. S., & Citraningsih, D. (2024). Pendampingan Penggunaan Teknologi Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Skill Guru dalam Mengembangkan Media Ajar Di MTS Negeri 4 Oku Timur Sumatera Selatan. Community Development Jornal: Junal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 998–1006.
Yulistina, N., Rahmi, U., Eldarni, & Yusri, M. A. K. (2024). Evaluasi Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Berbasis Powtoon Bagi Guru SD Muhammadiyah Berok Menggunakan Model CIPP. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4786–4793.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.