Penguatan Kecerdasan Media Digital dalam Membangun Karakter Remaja Bijak Bermedia Sosial
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i3.1282Keywords:
Desa, Karakter, Media sosial, RemajaAbstract
Kini banyak tantangan yang dihadapi para remaja karena kedekatannya dengan media sosial. Banyak remaja Indonesia terpapar media sosial dengan begitu massif, hingga kesehariannya tak bisa lepas dari media sosial. Namun, penggunaannya dapat menjadi boomerang jika digunakan tanpa kecerdasan media digital yang baik. Sebab, banyak informasi bermuatan hatespeech, propaganda, hoax maupun nilai radikalisme yang bertebaran di media sosial. Kondisi ini sejalan dengan teori globalisasi media yang menyebutkan bahwa arus informasi global membentuk perilaku, identitas, dan imajinasi sosial generasi muda. Para remaja di Desa Karangwuni, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah sebagai mitra pengabdian juga menghadapi tantangan yang serupa. Maka, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberi penguatan kecerdasan media digital dalam membangun karakter remaja bijak bermedia sosial. Agenda dilakukan melalui sosialisasi, FGD dan pendampingan. Melalui kegiatan ini, para remaja dapat mengimplementasikan pemahaman dasar dalam bermedia sosial secara bijak, sehingga dapat secara cerdas memanfaatkan media digital untuk membangun karakter yang positif. Indikator keberhasilan diukur dari peningkatan pemahaman para peserta mengenai tata cara bermedia sosial secara bijak, dan implementasi yang dilakukannya. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa penguatan kecerdasan media digital efektif dalam meningkatkan pemahaman dan praktik bermedia sosial yang bijak, sekaligus menumbuhkan kesadaran remaja sebagai bagian dari warga digital yang kritis dan berkarakter.
Downloads
References
Anam, K. (2023). Paling Rendah di ASEAN, Tingkat Literasi Digital RI Cuma 62%. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230214171553-37-413790/paling-rendah-di-asean-tingkat-literasi-digital-ri-cuma-62
Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420
Arsini, Y., Azzahra, H., Tarigan, K. S., & Azhari, I. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Remaja. Mudabbir: Journal Reserch and Education Studies, 3(2), 50–54. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v3i2.370
Asmarantika, R. A., Magnus Prestianta, A., & Evita, N. (2022). Pola Konsumsi Media Digital dan Berita Online Gen Z Indonesia. Jurnal Kajian Media, 6(1).
Barevičiūtė, J. (2010). The Locality Of The “Global Village” in The Aspect of Communication: Pro Et Contra M. Mcluhan. Creativity Studies, 3(2), 184–194. https://doi.org/10.3846/limes.2010.18
Dimock, M. (2019). Defining generations: Where Millennials end and Generation Z begins. Pew research center, 17(1), 1-7.
Elmore, T. (2014). How Generation Z Differs from Generation Y. http://growingleaders.com/blog/generation-z-differs-generation-y/
Ginting, Z. A. (2024). Dynamics of Citizenship in the Era of Globalization: Challenges and Opportunities. International Journal of Students Education, 174–178. https://doi.org/10.62966/ijose.vi.763
Haqqi, H., & Soeparto, S. (2020). Solo Cultural Festival as an Effort to Counter Cultural Hegemony. International Journal of Innovative Research and Development, 9(10). https://doi.org/10.24940/ijird/2020/v9/i10/OCT20056
Hidayat, F. P., Lubis, F. H., Hardiyanto, S., Ananda, F. R., & Anfasa, I. (2022). The Impact of Social Media Use on Adolescents. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-07-7_22
Irmania, E., Trisiana, A., & Salsabila, C. (2021). Upaya Mengatasi Pengaruh Negatif Budaya Asing Terhadap Generasi Muda Di Indonesia. Universitas Slamet Riyadi Surakarta.
Jajuli, M. A. R. (2024). Dampak Globalisasi Terhadap Tingkat Literasi Digital di Kalangan Remaja Pada Mahasiswa Elektro Universitas Pendidikan Indonesia. Journal of Education for The Language and Literature of Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.15575/jelli.v2i1.715
Kurniadi, F. (2022). Analisis Penyebaran Hoaks di Kalangan Remaja. Research and Development Journal of Education, 8(2), 718. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12742
Lestari, D. (2019). Dinamika Politik Identitas di Indonesia. Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 12–16.
Nurjuman, H., Yudhi, R., & Priana, S. (2025). Digital Literacy and Social Media Awareness among Adolescents: A Case Study on Adolescents in Serang City. In Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(1).
Priwati, A. R., & Helmi, A. F. (2021). The Manifestations of Digital Literacy in Social Media Among Indonesian Youth. Humanitas: Indonesian Psychological Journal, 18(1), 14. https://doi.org/10.26555/humanitas.v18i1.17337
Putri, R. S. (2022). Pesan Erick Thohir ke Generasi Z: Jangan Sampai Semua Dikuasai Produk Asing. https://bisnis.tempo.co/read/1591820/pesan-erick-thohir-ke-generasi-z-jangan-sampai-semua-dikuasai-produk-asing
Sari, Y., & Prasetya, D. H. (2022). Literasi Media Digital Pada Remaja, Ditengah Pesatnya Perkembangan Media Sosial. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 8(1), 12–25.
Syahira Azima, N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7491–7496.
Tremblay, G. (2012). From Marshall McLuhan to Harold Innis, or From the Global Village to the World Empire. Canadian Journal of Communication, 37(4), 561–575. https://doi.org/10.22230/cjc.2012v37n4a2662
Zubair, U., Khan, M. K., & Albashari, M. (2023). Link between excessive social media use and psychiatric disorders. Annals of Medicine & Surgery, 85(4), 875–878. https://doi.org/10.1097/MS9.0000000000000112
Zuhri, S., & Arif, R. (2024). Digital Literacy As A Media Guide Amid Digital Disruption (Study of The Importance of Digital Literacy in The Era of Globalization). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 5(01), 232–246. https://doi.org/10.59141/jist.v5i01.882
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.