Peningkatan Kinerja UMKM melalui Digitalisasi Produk Usaha di Desa Motoboi Kecil
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i3.1308Keywords:
Digitalisasi, Internet, Laba usaha, Produk, Usaha mikroAbstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam memperkuat ketahanan ekonomi nasional, disisi lain UMKM menghadapi tantangan berupa keterbatasan pengetahuan manajerial dan masih minimnya pemanfaatan teknologi digital dalam usahanya. Program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di Desa Motoboi Kecil, Kotamobagu Sulawesi Utara, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan manajemen pengelola UMKM melalui perencanaan usaha, manajemen keuangan, dan penerapan strategi pemasaran digital. Metode pelaksanaan berupa penyuluhan, pelatihan, dan demonstrasi dengan tehnik learning by doing, diikuti oleh 27 peserta pemilik usaha UMKM yang dibagi dalam empat kelompok. Evaluasi keberhasilan program melalui observasi, kuisioner dan penilaian praktik sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang sangat baik terhadap kemampuan para peserta PKM, terutama dalam penyusunan rencana usaha (100%), pengelolaan keuangan (100%), pemahaman multimedia (93%), dan penerapan strategi pemasaran digital melalui media sosial (93%). Hasil observasi dan wawancara akhir menunjukkan bahwa pelaksanaan PKM ini mampu meningkatkan pemahaman peserta pelatihan, terutama dalam perencanaan usaha, penggunaan strategi promosi, serta cara memanfaatkan peluang pasar, dan dampaknya telah meningkatkan omzet penjualan dan kinerja usaha UMKM. Simpulan Program PKM ini telah mampu dengan baik memperkuat kemampuan manajerial usaha, dan keterampilan digital pengelola UMKM, sehingga dalam menjalankan usaha menjadi lebih adaptif, mampu bersaing, dan meningkatkan kinerja usaha.
Downloads
References
Basuki, R. (2007). Analisis hubungan motivasi, pengetahuan kewirausahaan, dan kemandirian usaha terhadap kinerja pengusaha. Jurnal Usahawan. 2(10), 1–8.
Choueke, R., and R. Armstrong. 1988. The learning organization in small and medium-sized enterprises is a destination or a journey. International Journal of Entrepreneurial Behaviour & Research, 4 (2), 129–140.
Haryono, T., dan S. Khoiriyah. (2012). Pengaruh perilaku kewirausahaan terhadap kinerja usaha kecil dan menengah di Surakarta. Universitas Negeri Sebelas Maret.
Hafriandi, A., & Gunawan, E. (2018). Pengaruh Investasi Publik dan Investasi Swasta Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(3), 399–407.
Hartanti. (2008). Manajemen Pengembangan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Siswa SMK 4 Yogyakarta. Tesis Magister Universitas Negeri Yogyakarta.
Herhausen, D., Miočević, D., Morgan, R. E., & Kleijnen, M. H. (2020). The digital marketing capabilities gap. Industrial Marketing Management. 90, 276-290.
Insani, dan D.A. Pramudita (2021). Penguatan Kapasitas UMKM di Tingkat Kalurahan: Pemberdayaan Masyarakat dengan Pengolahan Daun Kelor untuk Peningkatan Ekonomi Daerah. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 167-173.
Mardikanto, T. dan Subianto, P. (2012). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Nurhayati, A. Salam, N.A. La Nafie, M. Badai (2017). Menciptakan Wirausaha Baru Mandiri Berbasis Ipteks Di Politeknik Negeri Ujung Pandang. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) 2017, 407-413.
Octaviani, V. S. Narti, dan S. Nurwita (2019). Peningkatan Sumberdaya Masyarakat Desa Melalui Binan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM-UMP). 3(1), 9-17.
Olson, E. M., Olson, K. M., Czaplewski, A. J., & Key, T. M. (2021). Business strategy and the management of digital marketing. Business Horizons, 64(2), 285-293.
Pandowo, A., L. Evinita. (2024). Pendampingan Optimalisasi Social Commerce Bagi UMKM di Kelurahan Wangurer Barat Kota Bitung. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 6(3), 455-462.
Pemerintah Kota Kotamobagu, 2024. Profil Daerah Kecamatan, dan Desa di Kota Kotamobagu Tahun 2024. Bagian Organisasi Pemerintah SETDA, Kota Kotamobagu.
Pujihartati, S. Hilmi, M. Wijaya, M. Marimin, S. Sudarsana (2024). Pengembangan Bisnis Online Melalui Marketplace Sebagai Upaya Pengembangan Potensi Lokal di Desa Sewurejo KHDTK UNS Karanganyar. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. 6 (1), 60-64.
Rachmadana, S. L. R. L. (2021). Youth Entrepreneurial Spirit In Family Business. Journal of Business and Management Review, 2(11), 772-784.
Rafli, A. M. (2023). Pengertian, Ciri-Ciri, Peran, dan Kriteria Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Mekari.
Rosita, I.A.K.R. Kusasih, dan Istiyanto (2017). Perbaikan Pengelolaan UMKM Guna Pengembangan Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM-UMP). 1(1), 30-37.
Soegoto, A.S, D.N. Lintong, S.S.E. Mintalangi, D. Soeikromo (2020). Meningkatkan Peran Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Keuangan. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM). 4(1), 141-148
Soetomo, S. (2012). Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sriyono, S. (2018). Kemampuan Kinerja Keuangan Untuk Meningkatkan Daya Saing UKM Yang Berbasis Green Economy. Journal Competency of Business, 2(2), 84–105.
Sukirman, S. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan. 20 (1), 113-132.
Sulastri, S. (2022). Peran Penting UMKM dalam Ancaman Isu Resesi. Kemeterian Keuangan RI, KPKNL Balikpapan.
Sumaryana, F. D. (2018). Pengembangan Klaster UMKM Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha. JISPO: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8(1), 58–68.
Tripopsakul, S., Mokkhamakkul, T., & Puriwat, W. (2022). The Development of the Entrepreneurial Spirit index: an application of the entrepreneurial cognition approach. Emerging Science Journal, 6(3), 493-504.
Usman, S. (2004). Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.