Penguatan Literasi Digital dalam Adaptasi Teknologi Transaksi Jual Beli bagi UMKM Desa Kanekes Baduy
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i3.1336Keywords:
Adaptasi teknologi, Baduy, Literasi digital, UMKM, QRISAbstract
Literasi digital merupakan keterampilan penting yang diperlukan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk memfasilitasi adopsi teknologi. Salah satu kelompok yang membutuhkan penguatan literasi digital adalah masyarakat Baduy Luar, khususnya dalam konteks transaksi jual beli, guna meningkatkan prospek ekonomi mereka. Tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan literasi digital pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Kanekes Baduy melalui pemanfaatan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai instrumen transaksi jual beli. Program ini memiliki kebaruan dalam pendekatannya, yaitu dengan mengintegrasikan kearifan lokal dan budaya masyarakat Baduy dalam proses pelatihan digital. Metode yang diterapkan tidak hanya berupa sosialisasi dan pelatihan teknis, tetapi juga menggunakan pendekatan komunikasi berbasis komunitas, simulasi transaksi berbasis kasus nyata UMKM, serta modul visual sederhana yang disesuaikan dengan tingkat literasi peserta. Selain itu, program ini mengkombinasikan pendampingan lapangan dan peer learning antar pelaku UMKM, sehingga tercipta ekosistem belajar yang berkelanjutan. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 dengan tiga tahap utama: sosialisasi dan pelatihan, pendampingan intensif, serta evaluasi. Sasaran kegiatan ini adalah 20 pelaku UMKM dari komunitas Kanekes Baduy. Hasil program menunjukkan peningkatan kesadaran, literasi digital, dan keterampilan teknis dalam penggunaan QRIS. Faktor sosial, budaya, dan ekonomi turut memengaruhi proses adopsi, namun keberhasilan program ditunjukkan dengan bertambahnya kepercayaan diri pelaku UMKM dalam transaksi digital. Dengan demikian, program ini tidak hanya meningkatkan kemampuan kognitif, tetapi juga memberikan model pemberdayaan literasi digital berbasis budaya lokal.
Downloads
References
Ajao, Q., Oludamilare, O., & Sadeeq, L. (2023). Drivers of mobile payment acceptance: The impact of network externalities in Nigeria. https://doi.org/10.48550/arXiv.2305.15436
Bahrudin, B., & Zurohman, A. (2021). Dinamika kebudayaan Suku Baduy dalam Menghadapi Perkembangan Global di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Journal Civics & Social Studies, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.795
Belshaw, D. A. (2012). What is Digital Literacy? A Pragmatic Investigation. Durham University.
Bungin, B. (2013). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat (6th ed.). Jakarta: Kencana.
Dachlan, M. A. (2019). Kehidupan Ekonomi Masyarakat Baduy di Desa Kanekes Banten. Journal Ilmiah Rinjani, 7(2), 1-10.
Everett M. Rogers. (2003). Diffusion of Innovations (5th ed.). Free Press.
Fadli, M.R. (2021) Memahami Desain Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.
Fauziah, F., Sudarma, M., & Saraswati, E. (2024). MSMEs in digital transformation: Determinants of QRIS e-payment acceptance. Jurnal Manajemen, 29(2), 203–214.
Hasan, M., Gumanti, D., Amruddin, Respita, R., Febriyanti, S., Satmoko, N. D., Sudirman, A., Irhamni, M. R., Wardhana, A., & Mappa, N. (2020). Pengantar Bisnis (H. F. Ningrum, Ed.). Media Sains Indonesia.
Hermawati, L., Pusvita, E., Marwa, T., & Yulianita, A. (2025). Analysis of technology adoption and government policy in improving the financial performance of SMEs in the Indonesia agricultural sector. Heritage and Sustainable Development, 7(1), 117–132. https://hsd.ardascience.com/index.php/journal/article/view/966
Izzati, S., Al Rizky, F., Putri, A. I., Audi, F. I., Nurahayu, D., Aprilila, D., Syahfitri, I., & Damanik, B. E. (2025). Pemanfaatan QRIS dalam meningkatkan pendapatan transaksi UMKM (Studi kasus: Cafe Barika Pematangsiantar). Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 3(5), 23–29. https://doi.org/10.59435/gjmi.v3i5.1547
Kartika, T., & Edison, E. (2019). Masyarakat Baduy Dalam Mempertahankan Adat Istiadat Di Era Digital. Prosiding ISBI Bandung, 1(1).
Nisrokha. (2020). Difusi Inovasi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Madaniyah, 10(2), 173–184.
Novela, Q. A. I., Harsono, M., & Rahmawati, S. (2024). Digital literacy on SME business performance and the mediating role of entrepreneurial skills. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 10(1), 150–162. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jabm/article/view/53511
Purba, N., Yahya, M., & Nurbaiti. (2021). Revolusi Industri 4.0: Peran Teknologi dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis dan Implementasinya. Jurnal Perilaku Strategi Dan Bisnis, 9(2), 91–98.
Qi, J., Li, L., Li, Y., & Shu, H. (2009). An extension of technology acceptance model: Analysis of the adoption of mobile data services in China. Systems Research and Behavioral Science, 26(3), 391–407. https://doi.org/10.1002/sres.964
Raj, A., Shukla, D., Quadir, A., & Sharma, P. (2024). What drives the adoption of digital technology in the micro, small, and medium enterprises sector in a developing economy? Journal of Business & Industrial Marketing, 39(9), 1984-2002. https://doi.org/10.1108/JBIM-09-2023-0512
Ridhwan Mustajab. (2023, February). Ada 28,75 Juta Pengguna QRIS di Indonesia hingga Akhir 2022. dataindonesia.id.
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovations (5th ed.). New York, NY: Free Press.
Saidah, M., Trianutami, H., & Amani, F. S. (2022). Difusi Inovasi Program Digital Payment di Desa Kanekes Baduy. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi , 10(2), 138–153.
Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). QRIS di Mata UMKM: Eksplorasi Persepsi dan Intensi UMKM Menggunakan QRIS. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 921. https://doi.org/10.24843/EEB.2020.v09.i10.p01
Simarmata, J. et al. (2023). Pengantar Literasi Digital. Yayasan Kita Menulis.
Sinaga, K. A. S., Irene, J., & Christanti, R. (2023). Digital adoption and financial performance: Evidence from Indonesian SMEs in food and beverage sector. Return: Study of Management, Economic and Business, 2(4), 102–114. https://return.publikasikupublisher.com/index.php/return/article/view/94
Situmeang, V., Santoso, R. S., & Warsono, H. (2023). Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Sampah pada Bank Sampah Ngudi Lestari di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 12(4), 580–598. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jppmr.v12i4.41393
Susanti, M. (2024). Adoption of mobile payment on QRIS services in Indonesian. In Proceedings of the 3rd International Conference of Business and Social Sciences (pp. 495–502). STIESIA. https://ojsicobuss.stiesia.ac.id/index.php/icobuss1st/article/view/409
Tri Yuliati, & Tri Handayani. (2021). Pendampingan Penggunaan Aplikasi Digital QRIS sebagai Alat Pembayaran pada UMKM. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 811–816.
Triko, G., Hapsari, D. R., & Matindas, K. (2022). Digital Media information Literacy on Custom Community in The Internet of Things (IoT) era: Case Study of Outer Baduy Custom in Kanekes Village, Leuwidamar, Lebak Regency, Banten Province. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(02), 125–139. https://doi.org/10.46937/20202241086
Ubaidillah, M. F. (2022). Pemberdayaan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Kecil Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
Whendasmoro, R. G., Zulkarnain, I., Fauziyah, F., & Lestari, D. (2023). Pelatihan QRIS Sebagai Media Pembayaran Cashless Pada Masyarakat Desa Gunung Sari Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Singa Podium (JPMSIPO), 1(3), 115–121. https://doi.org/10.58965/jpmsipo.v1i3.17
Zhang, X., Xu, Y., & Ma, L. (2022). Research on Successful Factors and Influencing Mechanism of the Digital Transformation in SMEs. Sustainability, 14(5), 2549. https://doi.org/10.3390/su14052549
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.