Peningkatan Citra Produk Sentra Olahan Herbal Surabaya Melalui Sosialisasi Kemasan Ramah Lingkungan

Penulis

  • Fani Khoirotunnisa UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v6i3.888

Kata Kunci:

Desain Kemasa, Produk Olahan Herbal, Ramah Lingkungan, UMKM

Abstrak

Kesadaran masyarakat tentang kelestarian lingkungan dan konsumsi produk ramah lingkungan meningkat. Sentra olahan herbal di Surabaya, dengan potensi besar dalam menyediakan minuman herbal sehat, menghadapi tantangan populer di kalangan generasi muda karena kemasan yang kurang menarik dan strategi pemasaran tradisional. Isu utama adalah desain kemasan yang ketinggalan zaman dan kurangnya inovasi pemasaran. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan citra produk melalui sosialisasi dan pelatihan tentang desain kemasan ramah lingkungan serta strategi pemasaran modern. Hasilnya menunjukkan perbaikan kualitas kemasan dan perluasan distribusi produk UMKM, baik di toko oleh-oleh maupun platform online. Implikasi penelitian ini adalah peningkatan daya saing produk herbal dan kontribusi pada keberlanjutan lingkungan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-21

Cara Mengutip

Khoirotunnisa, F. (2024). Peningkatan Citra Produk Sentra Olahan Herbal Surabaya Melalui Sosialisasi Kemasan Ramah Lingkungan. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(3), 470–476. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i3.888