Pemberdayaan KKG SD dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran Melalui Pelatihan Pendidikan Metaverse

Authors

  • Moh. Yusuf Efendi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • M. Ivan Ariful Fathoni Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Nurul Mahruzah Yulia Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v6i4.1129

Keywords:

Pembelajaran Digital, Pembelajaran Metavers, Peningkatan Mutu Pembelajaran

Abstract

Pendidikan di era digital memerlukan inovasi untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran. Guru perlu memiliki ketrampilan dalam mengembangkan proses pembelajaran, salah satunya ketrampilan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dikabupaten Bojonegoro selama 3 bulan yang terhitung mulai bulan agustus sampai oktober 2024. Pengabdian ini dilakukan guna melatih dan mendampingi guru dalam mengembangkan kemampuan dalam membuat bahan ajar berbasis digital, dengan melakukan pelatihan pendidikanmetavers untuk meningkatkan proses pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan dengan metode Participatory Learning and Action dengan tahapan perencanaan dan persiapan, pelatihan, pendampingan dan evaluasi yang melibatkan ketua KKG Kelas kecamatan. Hasil kegiatan ini adalah kemampuan peserta dalam menggunakan media Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran, serta pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR). Hasil dari program ini menunjukkan perubahan positif dalam pendekatan pembelajaran para ketua KKG yang dilatih. kegiatan PKM ini meningkatkan 97% pengetahuan peserta, 85% ketrampilan pembuatan media berbasis IT, dan 92% komitmen memanfaatkan teknologi. Karena peserta merasa dampaknya signifikan, harapannya adalah kegiatan ini dapat dibagikan kepada anggota KKG di kecamatannya masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-06

How to Cite

Efendi, M. Y., Fathoni, M. I. A., & Yulia, N. M. (2024). Pemberdayaan KKG SD dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran Melalui Pelatihan Pendidikan Metaverse. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(4), 852–860. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i4.1129