Strategi Pengembangan Usaha Gula Aren Tapong di Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1154Keywords:
Pengembangan, Strategi, Usaha Gula Aren TapongAbstract
Tapong adalah sebuah desa yang terletak di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang, sebagian masyarakatnya memiliki pekerjaan sebagai petani aren. Thamrin adalah salah satu warga Desa Tapong, seorang petani aren bersama keluarga memiliki usaha produksi gula aren balok. Usaha mereka ini masih tergolong sebagai usaha kecil atau home industry, pengelolaannya masih tradisional dan sulit untuk berkembang, karena belum memiliki legalitas usaha, produk belum beragam, belum memiliki kemasan, serta pemasaran masih mengandalkan pesan produksi dari konsumen. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR), maka dilakukan kegiatan pembinaan untuk pengembangan usaha tersebut, yakni pendampingan pengurusan izin usaha, diversifikasi produk, branding dan packaging, serta memperluas akses pasar melalui pemanfaatan website desa. Setelah pendampingan dan pembinaan, usaha tersebut mulai berkembang, terlihat dari meningkatnya permintaan dari konsumen akan produk gula aren hasil produksi mereka, serta keuntungan pelaku usaha meningkat dibandingkan sebelum adanya proses pendampingan dan pembinaan.
Downloads
References
Aditya, R. & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102.
Agustina, M., Sahfitri, V., Agustini, E. P., & Marlindawati, M. (2023). Penyuluhan dan Pelatihan Peningkatan Kualitas Labeling, Packaging dan Marketing Produk Pada UMKM Desa Suka Negeri. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 6383–6388.
Aliyyah, R. R., Rahmawati, R., Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah kerja nyata: pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pendampingan pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676.
Anggraeni, R. (2022). Pentingnya Legalitas Usaha Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Eksaminasi: Jurnal Hukum, 1(2), 77–83.
Cahyo, P. N., Wulansari, D. D., Romadhoni, D. A., Damayanti, A., Sujadi, I., Fahri, A. A., & Saputra, A. H. (2024). Pengaruh Media Sosial Dan Perluasan Akses Pasar Terhadap Pendapatan Umkm Di Bojonegoro. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 3, 342–349.
Dwirati, L., Melati, R., Sulistia, A. W., Putra, M. R. A., Veronica, M., Ulum, M. B., & Hendarmin, R. M. R. (2023). Pengenalan Branding dan Packaging dalam Meningkatkan Penjualan pada UMKM Kemplang Ubu di Desa Talang Nangka, Kecamatan Lembak. Journal of Human And Education (JAHE), 3(3), 83–87.
Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat: Menggali Potensi Lokal Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135–143.
Erlina, L., Al Fudiah, N., Auliya, K., Shadiqah, C. A., Fadhillah, S., & Rizki, N. L. K. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Besar Kota Medan. Zad Al-Ummah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75–90.
Haerana, H., Fatmawati, F., & Asdar, A. (2023). Pelatihan Diversifikasi Produk pada Pengrajin Bambu di Desa Sawakong Kabupaten Takalar. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 4(2), 135–143.
Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang. Caradde: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–43.
Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98–102.
Lesmini, L., Firdaus, M. I., & Rifni, M. (2024). Sosialisasi Strategi Packaging dan Branding untuk Meningkatkan Daya Saing Produk. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 375–386.
Mahliza, I., Husein, A., & Gunawan, T. (2020). Analisis strategi pemasaran online. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(3), 250–264.
Mulyani, I., Koni, A., & Kurniawan, W. (2024). Analisis Home Industri Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI), 3(1), 63–76.
Nopi, N., Sulaiman, A., & Sujadmi, S. (2021). Optimalisasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Tanjung Gunung. Jurnal Studi Inovasi, 1(3), 23–29.
Nuswantoro, B. S., Rohmah, K. L., Rahmawati, D. R., Purwansyah, Y., & Aisya, F. S. R. (2024). Pelatihan Pengembangan Bisnis Melalui Metode Diversifikasi Produk Bagi UMKM. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 43–50.
Permana, A. F. (2021). Konseptualisasi Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa. J-EBI: Jurnal Ekonomi Bisnis Islam, 1(1).
Purhita, E. J., Nugroho, S., Widiastuti, S., Zainudin, A., HBN, A., & Fitrianto, Y. (2023). Peningkatan kapasitas SDM dalam memahami pentingnya branding & packaging produk UMKM desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4455–4462.
Ridwan, I., & Wahyudi, D. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pengolahan Ikan Lele dan Diversifikasi Produk diI UMKM Mutiara Timur. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2), 2598–7984. https://mail.jurnalpertanianumpar.com/index.php/jdm/article/view/441
Rohama, R., Melviani, M., Tumanggor, A. H. U., Shinta, L. S. A., & Jannah, G. R. (2023). Peningkatan Pengetahuan Tentang Konsep Dasar UMKM dan Legalitas Usaha. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 4(4), 265–276.
Sisi, L., & Purbaningsih, Y. (2023). Potensi Pengembangan Home Industri Gula Aren di Kecamatan Polinggona Kabupaten Kolaka. Prosiding Seminar Nasional Pemanfaatan Sains dan Teknologi Informasi, 1(1), 197–204.
Supriyo, A., Latifah, L., & Isnawati, M. (2023). Pendampingan Legalitas Usaha Perlindungan Hukum Bagi UMKM di Mitra PCM Gunung Anyar Surabaya Hingga Penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB). Borobudur Journal on Legal Services, 4(1), 44–52.
Yamin, M., Jufri, A. W., & Santoso, D. (2023). Pendampingan Pengurusan Perizinan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Gunungsari Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 129–134.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dian Wahyudi et al

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.