Ular Tangga Safety: Edukasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1185Keywords:
Kesehatan, Keselamatan, Ular TanggaAbstract
Edukasi safety merupakan aspek penting dalam pembentukan perilaku anak yang aman Media permainan seperti ular tangga merupakan salah satu metode pembelajaran yang interaktif dan menarik. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar mengenai upaya safety di sekolah. Pengabdian ini menggunakan model ABCD (Asset Based Community Development) dimana objek atau masyarakat ikut terlibat dalam pelaksanaan pengabdian dengan memanfaatkan potensi yang ada. Waktu pelaksanaanya pada hari Kamis, 22 Agustus 2024 bertempat di SD Inpres Pattallassang, Kecamatan Patalassang, Kabupaten Gowa. Total siswa (i) yang mengikuti pengabdian adalah 50 siswa. Adapun analisis data yang dilakukan untuk melihat peningkatan pengetahuan siswa adalah dengan uji t berpasangan. Terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah pengabdian dengan media ular tangga dilakukan (p-value=0.050). Disarankan kepada pihak sekolah agar menjadikan permainan ular tangga safety ini menjadi media sosialisasi berkelanjutan karena media ular tangga (dadu, kartu, hingga cetak ular tangga jumbo) telah diberikan kepada pihak sekolah. Guru dapat menjadikan media ini salah satu solusi permainan yang dapat dimainkan siswa (i) di waktu-waktu tertentu.
Downloads
References
Asrivi, Q. E. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib Pada Kurikulum 2013 Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Tunas Nusantara, 2(2), 255–268.
Basri, S., Jastam, M. S., Amansyah, M., Widiastuty, L., Kahfi, M., & Ekasari, R. (2023). Clean And Healthy Living Behavior (Phbs) Education In School Through Snakes And Ladders Game. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(2), 203–212.
Berry, L. L., Danaher, T. S., Aksoy, L., & Keiningham, T. L. (2020). Service Safety In The Pandemic Age. In Journal Of Service Research (Vol. 23, Issue 4, Pp. 391–395). Sage Publications Sage Ca: Los Angeles, Ca.
Darmawati, I. (2021). Pelayanan Kesehatan Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.
Fithri, A., Karjatin, A., & Lestari, F. S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang Phbs Melalui Media Ular Tangga Yang Dimodifikasi. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 14(1), 504–513. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v14i1.2058
Hati, F. S., & Kurnia, A. R. (2023). Evaluasi Skor Pre-Testdan Post-Test Peserta Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi Bagi Dokter dan Bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 7(1), 67–78. https://doi.org/10.37730/edutrained.v7i1.220
Hermawati, E., & Lestari, M. (2024). Pengembangan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permainan Edukasi di Sekolah Dasar. Journal Of Innovation And Sustainable Empowerment, 3(2), 67–71. https://doi.org/10.25134/jise.v3i2.47
Hutasoit, F. E., & Widowati, E. (2017). Gambaran Penerapan Safety Education (Pendidikan Keselamatan) Di Sekolah Dasar. JHE, 2(1).
Kuscithawati, S. (2006). Faktor Resiko Terjadinya Cedera Pada Anak Usia Sekolah Dasar fi Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Kusumawardani, L. H., Rekawati, E., Fitriyani, P., & Ni Luh, Y. S. D. P. (2020). Improving Clean and Healthy Living Behaviour Through Snakes And Ladders Board Game Among School Children. Sri Lanka Journal Of Child Health, 49(4), 341–346. Https://Doi.Org/10.4038/Sljch.V49i4.9265
Mahmudah, N., & Supiah. (2019). Pemberdayaan Pada Anak-Anak Gang Dolly di SMA Artantika Surabaya Dengan Metode Asset Based Community Development. Madani, 1(2), 144–159.
Maksum, E., Murtiningsih, M., & Inayah, I. (2022). Systematic Riview: Permainan Ular Tangga Tentang Protokol Kesehatan Covid-19 Dan Edukasi Kesehatan Anak Sekolah. Jurnal Kesehatan Komunitas, 8(3), 453–462. https://doi.org/10.25311/keskom.vol8.iss3.1099
Montolalu, C. E. J. C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer Dan Teknologi Informasi Bagi Guru-Guru Dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). Jurnal Matematika dan Aplikasi, 7(1).
Noviafitri, K. S., Huda, M., Mukti, T. S., Yahya, F. H. B., Noviafitri, K. S., Huda, M., Mukti, T. S., Hanim, F., & Yahya, B. (2024). Effect Of Interactive Learning Media: Numeral Snakes And Ladders On Clock Reading And Arithmetic Operation For Elementary Students. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Xi(2), 251–264. Https://Doi.Org/10.30659/Pendas.11.2.251-264
Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Premiere : Journal Of Islamic Elementary Education, 3(1), 422–438. Https://Doi.Org/10.36765/Jartika.V3i2.268
Pukhraj, K. S., Deol, R., & Kodi, S. M. (2021a). Effect Of Snake And Ladder Game on Knowledge , Attitude , And Expressed Practices Regarding Personal Hygiene Among Primary School Children : A Randomized Controlled Trial. International Journal of Nursing Research, 7(October), 81–88. https://doi.org/10.31690/ijnr.2021.v07i03.002
Pukhraj, K. S., Deol, R., & Kodi, S. M. (2021b). Effect Of Snake And Ladder Game on Knowledge, Attitude, And Expressed Practices Regarding Personal Hygiene Among Primary School Children: A Randomized Controlled Trial. International Journal Of Nursing Research, 81–88.
Ranoliya, S., Prasad, K. S., & Doss, K. (2019). Effectiveness of Game-Based Learning on Knowledge Regarding Personal Hygiene Among School Going Children In The Selected School. Asian Journal Of Nursing Education And Research, 9(4), 559–561.
Rinawati, S., Bolet Atmojo, T., Fajraiani, R., Qadrijati, I., Wardani, T. L., & Ismayenti, L. (2023). Efektivitas Edusafety Snake-Ladder Games Sebagai Media Edukasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Siswa Mts. Abdimas Awang Long, 6(2), 46.
Rohmah, D. N., Elan, E., & Rahman, T. (2023). Media Flash Card untuk Menstimulasi Perkembangan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 7(2), 168-175.
Sasmitha, N. R., & Sutria, E. (2020). Health Education About Clean And Healthy Living Behavior (Phbs) To Increased Knowledge Of School Age Children: Systematic Review. Journal Of Nursing Practice, 3(2), 279–285.
Solehah, N. Z., Dewi, N. T., Lastyana, W., Rahmiati, B. F., Naktiany, W. C., & Jauhari, T. (2023). Edukasi Melalui Media Ular Tangga Sebagai Upaya Pencegahan Anemia Pada Remaja Di Mts Nurul Qur’an Pagutan. Adma : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 239–244. https://doi.org/10.30812/adma.v3i2.2566
Widowati, E., Hendriyani, R., Nugroho, E., & Qin, A. L. W. (2018). Children’s Safety Education Model Through Child-Friendly Games. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 14(2), 157–162. https://doi.org/10.15294/kemas.v14i2.14705
Widowati, E., Koesyanto, H., Setyo Wahyuningsih, A., Harjanto, E., & Korespondensi, A. (2020). Model Konstruksi Safety Grievance Mechanism di Sekolah Dasar Pada Daerah Rawan Bencana. Higeia Journal of Public Health Research And Development, 4(4). https://doi.org/10.15294/higeia/v4i4/39005
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fatmawaty Mallaping

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.