Pelatihan Media Book Creator untuk Meningkatkan Kompetensi Guru
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1303Keywords:
Book Creator, Pelajar Pancasila, TeknologiAbstract
Pelatihan pembuatan media Book Creator bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai tenaga pendidik profesional dalam mengembangkan kreativitas mereka, sehingga mereka dapat memaksimalkan potensi sumber belajar dan menciptakan pembelajaran yang lebih efektif. Melalui pelatihan ini, guru-guru diharapkan mampu memanfaatkan Book Creator sebagai media inovatif dalam pembelajaran di kelas. Tim pengabdian dari Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan pelatihan ini khususnya untuk guru- guru di SD Kecamatan Pariaman Selatan. Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi pendidikan yang dapat diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat menekankan pada peningkatan pengetahuan, pemahaman serta keterampilan guru SD di Kecamatan Pariaman Selatan. Program ini difokuskan pada penggunaan media pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan teknologi revolusi industri 5.0. Hasil dari pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam merancang media Book Creator berbasis model PBL yang dapat membuat siswa tertarik dan aktif dalam proses pembelajaran, dapat meningkatkan motivasi internal dan partisipasi siswa dalam belajar.
Downloads
References
Abdum, M., Jamil, Haetami, A., Mayasari, Aina, M., Sukini, & Ulimaz, A. (2024). Peran Teknologi 5G dalam Mendorong Inovasi Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 1841–1853. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/25562/17827
Asy’ari, A., & Hamami, T. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad
21. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 19–34. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.52
Bruner, J. S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Harcard: Harvard University Press.
Churiyah, M., Basuki, A., Filianti, F., Sholikhan, S., & Fikri Akbar, M. (2022). Canva for Education as a Learning Tool for Center of Excellence Vocational School (SMK Pusat Keunggulan) Program to Prepare Competitive Graduates in the Field of Creativity Skills in the Digital Age. International Journal of Social Science Research and Review, 5(3), 226–234. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i3.228
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The "What" and "Why" of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268.
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.
Gusriyenti, M. P., & Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pkn Ddengan Model Problem Based Learning (PBL). E-Journal Pembelajaran Inovasi, 8(1).
Handayani, D., Febrianti, I., & Pramudita, A. B. (2023). Pengembangan Media Book Creator Berbasis Literasi Digital untuk Pembelajaran Tematik SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 55–68.
Handayani, E., Puspita, N., Syamsiah, N., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2023). The Influence Of Using Book Creator Application Toward Students ’ Performance In Writing Procedural Text. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Matematika, 3783(December), 1–17.
Hibra, B. Al, Hakim, L., & Sudarwanto, T. (2019). Development of Vlog Learning Media (Video Tutorial) on Student Materials. Tax at SMK PGRI 1 Jombang. International Journal of Educational Research Review, 435–438. https://doi.org/10.24331/ijere.573945
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn?. Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.
Khairi, A. (2016). Pengembangan Media Komik Berbasis Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PPKn & Hukum, 11(1), 98–110. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/3658
Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2014). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)?. Journal of Education, 193(3), 13–19.
Kustianingsari, N., & Dewi, U. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Teks Cerita Manusia dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–9.
Lailiyah, L., & Arsana, I. W. (2023). The Development of e-Module Learning Media with Book Creator for High School’s PPKN Subject. Educatio: Journal of Education, 8(2), 231–248.
Lubis, B. S., & Syahputra Siregar, E. F. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 396. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3143
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.
Mudasih, I., & Subroto, W. T. (2019). Comparison of Student Learning Outcomes Through Video Learning Media with Powerpoint. International Journal of Educational Research Review, 183–189. https://doi.org/10.24331/ijere.517997
Nursidik, H. dan Suri, I. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora Insipire. Matematika, 1(2), 237–244.
Piaget, J. (1973). To Understand is to Invent: The Future of Education. London: Grossman.
Prasetyo, S. (2018). Kontribusi Pengembangan Media Komik Ipa Bermuatan Karakter Pada Materi Sumber Daya Alam Untuk Siswa Mi/Sd. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 75. https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0902-07
Rangkuty, D. M., & Sari, M. M. (2019). Analisis Utang Luar Negeri dan Inflasi Indonesia Analysis of Indonesia ’ s foreign debt and inflation. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 19(1), 57–66.
Putri, R. A., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan media SiMach Land berbasis android di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 2541-2549.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67.
Saputri, L. I., Har, E., & Deswati, L. (2015). Pengembangan Modul Dengan Tampilan Majalah Dalam pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Raanah Pesisir. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(5), 1–16.
Syahputra, A., & Putra, H. R. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 1(1). https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.349
Tuminah, Fadjar Kurniawan, D., & Faridha, N. (2022). The Effect of Storytelling Through Book Creator to Improve Students’ Reading Comprehension. Edulitics Journal, 7(2), 101–107.
Tuminah, S., Yuliana, Y. & Nuriyah, N. (2022). Penggunaan Media Book Creator sebagai Sumber Belajar Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 9(2), 112–119.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Zedan, A. M., Yusoff, M. Y. Z. B. M., & Mohamed, M. R. Bin. (2015). An Innovative Teaching Method in Islamic Studies: The Use of PowerPoint in University of Malaya as Case Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 182, 543–549. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.776
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reinita et al

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.