Edukasi Perencanaan Keuangan Berbasis Gamifikasi Pada Siswa Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1030Kata Kunci:
Gamifikasi, Edukasi Keuangan, Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan Simulasi KeuanganAbstrak
Pendidikan literasi keuangan, terutama untuk remaja, sangat penting. Pendidikan literasi keuangan dapat mempengaruhi praktik dan gaya hidup keuangan remaja. Dengan pendidikan literasi keuangan, diharapkan remaja dapat merencanakan keuangan mereka dengan lebih efektif, aman, dan stabil untuk masa depan. Kegiatan pelayanan masyarakat ini bertujuan untuk menyediakan pendidikan literasi keuangan dengan menggunakan strategi gamifikasi. Proses pembelajaran menggunakan permainan papan sebagai simulasi keuangan untuk membantu peserta merencanakan keuangan mereka dengan lebih akurat dan cerdas. Kegiatan dimulai dengan memperkenalkan materi tentang literasi keuangan dan dilanjutkan dengan bermain permainan simulasi keuangan. Pada awal dan akhir kegiatan, peserta diberikan kuesioner (pre-test dan post-test) untuk membandingkan pengetahuan peserta sebelum dan sesudah program. Hasil evaluasi dari kegiatan ini menunjukkan bahwa literasi keuangan telah meningkat pada peserta yang terlibat di Madrasah Aliyah Negeri Binjai.
Unduhan
Referensi
Abusin, J., Aliani, S. O., & Rofiq, M. H. (2021). Manajemen Monitoring Pembelajaran Berbasis E-Learning (Studi Kasis di SMK Raden Patah Mojosari). THE JOER: Journal of Education Research, 1(1), 36-53.
Amadi, A. S., Suwarta, N., Sholika, D. W., & Amrullah, M. (2023). Pemahaman Pendidikan Finansial Sejak Dini. Journal of Education Research, 4(3), 1419-1428. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.356
Azizah , N. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup pada Perilaku Keuangan Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 92-101.
Dayanti, R. N., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2020). Pengaruh Kualitas Implementasi Metode Pembelajaran Ceramah Berbantuan Powerpoint dan Quizizz terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Psikomotorik Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4( 4), 1189-1198.
Dewi, G. A., Wulandari, A. A., & Permana, D. Y. (2024). Edukasi Literasi Keuangan Bagi Siswa-Siswi SMK Bali Dewata. Abdimasku, 7(2), 426-432.
Dewi, M. W. et al. (2022). Edukasi Investasi Sedari Dini dengan Financial Planner Untuk Siswa SMKN Jenawi Karanganyar Jawa Tengah. Jurnal BUDIMAS, 04(02), 1-7.
Dilasari, Mulyati, S., & Kurniawan, A. (2020). Pengaruh Financial Literacy, Life Style, Locus of Control dan Demografi Terhadap Perilaku Konsutif Generasi Milenial di Kota Subang. Journal of Accounting for Sustainable Society (JASS), 2(2), 56-77. https://doi.org/10.35310/jass.v2i02.671
Evelyn, E. (2024). Financial Planning Untuk Anak Muda: Pengabdian Masyarakat Kepada Siswa SMA di Surabaya. EDUABDIMAS, 2(3), 276-285.
Linawati, L. et al. (2022). Edukasi Literasi Keuangan Bagi Siswa SMK. JPPNu (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara), 4(2), 130-134.
Muthia, F., Novriansa, A., & Aryanto. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan pada Siswa SMA Melalui Edukasi Keuangan. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(3), 778-784.
Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan Pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia (JIBEKA), 13(1), 20-27. http://10.32812/jibeka.v13i1.111
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). SNKI (Strategi Nasional Keuangan Inklusif). https://snki.go.id/
Pratama, R., Hadady, H., & Bailusy, M. N. (2022). Edukasi Pengingkatan Literasi Keuangan kepada Masyarakat Kota Ternate. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 2(6), 1807-1814. doi:https://doi.org/10.54082/jamsi.523
Salim, M. B. (2018). Pengaruh Pemberian Pre Test dan Post Test Terhadap Kesiapan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 7 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. KAPAA Journal, 2(1), 1-9. doi:https://doi.org/10.29408/kpj.v2i1.754
Salsabila, S., Nur'aeni L, E., & Muharram, M. W. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Gamification Berbasis Marczewski's Framework di Sekolah Dasar. Creative of Learning Students Elementary Educarion (COLLASE): Journal of Elementary Education, 5(4), 688-702. doi:https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.11630
Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2021). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi COVID-19 Melalui Penguatan Literasi Keuangan. Jurnal Warta LPM, 24( 2), 309-318. Retrieved from homepage: http://journals.ums.ac.id/index.php/warta
Sari, D. N., & Alfiyan, A. R. (2023). Peran Adaptasi Game (Gamifikasi) dalam Pembelajaran untuk Menguatkan Literasi Digital: Systematic Literature Review. UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1). http://10.30812/upgrade.v1i1.3157
Sari, T. R. (2023). Pelatihan Perencanaan Keuangan Bagi Siswa-Siswa Muhammadiyah Kota Agung. Comment: Community Empowerment, 3(2), 25-31.
Sufiyati, H., & Lestari , A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Multi Disipline Madani (MUDIMA), 2(5), 2415-2430. doi:https://doi.org/10.55927/mudima.v2i5.396
Suyuti, W. et al. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Hasil Belajar. Journal of Education, 6(1), 1-11.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Andreani Caroline Barus et al

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.