Pendampingan Manajemen Pemasaran Konten dalam Peningkatan Kapasitas SDM Pokdarwis Kelurahan Binong, Bandung

Penulis

  • Daniel Hermawan Universitas Katolik Parahyangan
  • Fransiska Anita Subari Universitas Katolik Parahyangan
  • Ezra Karamang Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1048

Kata Kunci:

Kelurahan Binong, manajemen pemasaran konten, pendampingan

Abstrak

Sebagai sektor berbasis jasa, pengembangan sektor pariwisata di Kampung Wisata Kreatif (KWK) Rajut Binong Jati perlu ditunjang dengan kualitas SDM yang dapat mengomunikasikan unsur pariwisata, seperti atraksi, aktivitas, amenitas, aksesibilitas, dan akomodasi dengan pengelolaan, pemberdayaan masyarakat, dan promosi yang tepat. Melalui pendampingan yang diberikan, anggota Pokdarwis KWK Rajut Binong Jati diharapkan dapat mendefinisikan apa yang bisa dilihat, apa yang bisa dilakukan, apa yang bisa dibawa, dan apa yang bisa dipelajari melalui manajemen pemasaran konten. Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat keberdayaan mitra, khususnya pengetahuan dan keterampilan di bidang manajemen pemasaran konten. Tahapan dalam melaksanakan solusi yang ditawarkan terbagi dalam 5 tahap, yakni sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi, dan keberlanjutan program. Pendampingan dilakukan dengan metode action research dan instrumen penilaian sederhana, yakni tes normatif dan matriks penilaian keterampilan. Melalui proses pendampingan yang diberikan, mitra berhasil meningkatkan keberdayaan di bidang manajemen pemasaran konten.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Daniel Hermawan, Universitas Katolik Parahyangan

Parahyangan Catholic University

Fransiska Anita Subari, Universitas Katolik Parahyangan

Parahyangan Catholic University

Ezra Karamang, Universitas Indonesia Membangun

Universitas Indonesia Membangun

Referensi

Afriza, L. (2023). Pengelolaan Kampung Wisata Kreatif. Purwokerto: Amerta Media.

Agra, B., & Prakoso, S. T. (2022). Building Consumer Buying Interest through Content Marketing and Consumer Engagement. Management Analysis Journal, 11(1), 65-70.

Arifin, A. Z., Sriwulan, S., & Oktafitria, D. (2021). Upaya Pembinaan Pembentukan Kampung Salak sebagai Kampung Wisata di Kabupaten Tuban. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(1), 123-130.

Bly, R. W. (2020). The Content Marketing Handbook: How to Double the Results of Your Marketing Campaigns. New York: Entrepreneur Press.

Burhanudin. (2021). Development of Customer Persona Identification Instruments and Customer Journey. Judicious, 2(1), 74–78.

Charlesworth, A. (2018). Digital Marketing: a Practical Approach Third Edition. New York: Routledge.

Christison, C. (2024, Juni 6). How to create better buyer personas. https://blog.hootsuite.com/buyer-persona/

Diamond, S. (2015). The Visual Marketing Revolution. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Disdagin Kota Bandung. (2021). Updating Data Sentra IKM Kota Bandung. Bandung: Disdagin Kota Bandung.

Enggawati, L., Marini, M., Nugroho, W., Baising, R., Sunnia, R. N., & Maya, M. (2023). Pengembangan Kapasitas Berbasis Gender pada Kampung Wisata Tenun Khatulistiwa Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah Kebijakan Dan Pelayanan Pekerjaan Sosial (Biyan), 20-30.

Feefo, F. (2024). The ultimate guide to customer journey mapping. Diambil kembali dari Feefo: https://business.feefo.com/resources/customer-experience/customer-journey-mapping-guide

Hermawan, D. (2021). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Pemasaran Konten. Bandung: Unpar Press.

Hermawan, D. (2023). Inovasi dalam UMKM: Peluang, Tantangan, dan Keberlanjutan. Yogyakarta: Deepublish.

Hermawan, D., Kornarius, Y. P., Tobing, A. M., & Zhukhruffa, S. (2022). Pemasaran Digital untuk UMKM. Bandung: Unpar Press.

Hermawan, D., Kornarius, Y. P., Tobing, A. M., & Zhukhruffa, S. (2023). Visit ka Binong: Strengthening Branding and Customer Experience of Binong Tourism Urban Village Based on Empowerment of Tourism Awareness Groups (Pokdarwis). Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 18-31.

Hermawan, D., et al. (2023). Pemasaran Sosial Berbasis Komunitas dalam Aktivasi Kampung Wisata Kreatif. Yogyakarta: Deepublish.

Jafarova, K., & Tolon, M. (2022). The effect of content marketing in social media on brand loyalty and purchase intention. Journal of Business Management and Economic Research, 6(4), 160-184.

Karamang, E. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Memilih pada Sekolah Bisnis di Bandung. MANNERS (Management and Entrepreneurship Journal) Volume 5, Nomor 1, 20-31.

Khasanah, U., Pratama, C. D., Firlita, F., & Saputra, K. S. (2024). Upaya Meningkatkan Promosi Wisata Melalui Pembuatan Media Promosi Digital Di Kampung Wisata Ketandan. Jurnal Pengabdian Mandiri, 3(1), 71-78.

Koob, C. (2021). Determinants of content marketing effectiveness: Conceptual framework and empirical findings from a managerial perspective. PloS one, 16(4), e0249457.

Molla, Y., Supriatna, T., & Kurniawati, L. (2021). Collaborative Governance dalam Pengelolaan Kampung Wisata Praiijing di Desa Tebara Kecamatan Kota Waikabubak Kabupaten Sumba Barat. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 6(2), 140-148.

Naseri, Z., & Noruzi, A. (2018). Content Marketing Process Model: A Meta-Synthesis of the Literature. Webology, 15(1), 8-18.

Pramita, A. (2016). Periklanan dan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Tangerang: Ramdina Prakasa.

Purwaningtyas, A., Yustita, A. D., & Utami, S. W. (2022). Pemanfaatan Limbah Ampas Kopi Dalam Pembuatan Sabun Batang di Kampung Wisata Kopi Lerek Gombengsari Banyuwangi. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 1050-1055.

Rahmat, F. N., Putri, I. G., Fitrianto, A., & Nugroho, D. S. (2023). Penyusunan Strategi Sosial Media Marketing Pada Kedai Libong Coffee. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 789-798.

Santika, R. (2024). Cara Buat & Contoh Kalender Konten IG Yang Optimal. Diambil kembali dari Sribu: https://www.sribu.com/id/blog/kalender-konten-ig/?srsltid=AfmBOoom-o_6_Og4JF50Zi-IR8ef_WoE0p_l1GIq5kVMkmKLPHzCMjvP

Setyawati, E., Wibowo, A., Racma, D. F., Widiastuti, R. Y., & Adilla, A. (2024). Peningkatan Pemberdayaan Kampung Wisata Nopia Sebagai Destinasi Wisata Oleh-oleh Khas Banyumas. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(2), 195–202.

Shimp, T. A. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.

Silfitri, S., & Hermawan, D. (2023). Social Media Marketing on Brand Awareness Local Indonesian Cosmetic Somethinc. Jurnal Bisnis Terapan, 7(1), 47-56.

Snapp, S. S., et al. (2023). Participatory action research generates knowledge for Sustainable Development Goals. Frontiers in Ecology and the Environment, 21(7), 341-349.

Sooca Digital Agency. (2022). Audience Persona: Pengertian, Tujuan, Manfaat Untuk Content Marketing. Diambil kembali dari Sooca Digital Agency: https://www.soocadigital.com/en/audience-persona-pengertian-tujuan-manfaat-un/

Suprianto, A. A., Taufiq, M., & Wijaya, R. S. (2022). Pembuatan Sign System sebagai Upaya Peningkatan Pariwisata dan Perekonomian Kampung Wisata Lawang Seketeng. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 4, No. 2, 77-81.

Western Sydney University. (2024, Agustus 18). Action Research in Teaching and Learning. https://www.westernsydney.edu.au/learning_futures/hom

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-27

Cara Mengutip

Hermawan, D., Subari, F. A., & Karamang, E. (2025). Pendampingan Manajemen Pemasaran Konten dalam Peningkatan Kapasitas SDM Pokdarwis Kelurahan Binong, Bandung. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 128–137. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1048