Workshop Media Pembelajaran Berbasis Digital di Smk Negeri 7 Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1217Kata Kunci:
media digital, padlet, lumioAbstrak
Tujuan kegiatan PKM ini, sebagai berikut: (1) Untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital (2) Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penggunaan teknologi digital yaitu Padlet dan Lumio. PKM ini melibatkan masyarakat dalam pelaksanaanya, adapun masyarakat yang menjadi mitra PKM adalah guru di SMK Negeri 7 Pointianak berjumlah 56 orang. Adapun metode yang digunakan dalam PKM ini adalah penyampaian materi, pendampingan dan praktek penggunaan media berbasis digital Padlet dan Lumio. Adapun mekanisme pelaksanaan kegiatan dibagi dalam 2 (dua) sesi yakni: Sesi Pertama, pemaparan materi urgensi media pembelajaran berbasis digital. Sesi Kedua, pengenalan media berbasis digital serta praktek penggunaan media Padlet dan Lumio. Kegiatan workshop ini berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari peserta. Workshop media pembelajaran berbasis digital di SMK Negeri 7 Pontianak berhasil meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan Padlet dan Lumio. Partisipasi aktif guru menunjukkan bahwa guru siap mengadopsi teknologi ini dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran berbasis digital ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui interaksi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.
Unduhan
Referensi
Boateng, S., & Nyamekye, M. (2022). Learning sciences with technology: the use of padlet pedagogical tool to improve high school learners’ attainment in integrated sciences. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(5), 239-262. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.5.13
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. Wiley.
Fajri, G., Priyono, P., & Kusumohadi, C. (2021). Mengembangkan Media Pembelajaran: Analisis Kebutuhan Pada Materi Exterior Light System. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 365-371. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.652
Giri, W. (2016). Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.
Hendra, H. et al. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hossain, M., & Quinn, M. (2020). Enhancing Language Learning Through Padlet: A Case Study. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 13(2), 75-89.
Johnson, R., & Brown, L. (2022). Interactive Science Education with Lumio: Improving Student Engagement and Understanding. International Journal of Science Education, 44(3), 345-362.
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Mariyah, Y., Budiman, A., Rohayani, H., & Audina, W. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual: Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 959-967. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.778
Mehta, K. J., Miletich, I., & Detyna, M. (2021). Content-specific differences in Padlet perception for collaborative learning amongst undergraduate students. Research in learning technology, 29. https://doi.org/10.25304/rlt.v29.2551
Nuria, A. (2023). Pemanfaatan Media Lumio By Smart dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Jakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Osipova, E., & Bagrova, Y. Y. (2022). Lumio by Smart in Distance Learning: a case of EFL vocabulary learning. Russian Linguistic Bulletin, 5(33), 7. https://cyberleninka.ru/article/n/lumio-by-smart-in-distance-learning-a-case-of-efl-vocabulary-learning
Qulub, T., & Renhoat, S. F. (2019). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Proceedings SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–146.
Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Roblyer, M. D., & Doering, A. H. (2013). Integrating Educational Technology into Teaching. Pearson.
Smith, A., & Thomas, J. (2021). Leveraging Lumio for Differentiated Instruction in the Classroom. Educational Technology Research and Development, 69(1), 45-61.
Wakil, K., & Alwi, N. (2019). The Role of Padlet in Enhancing Student Engagement and Learning. International Journal of Innovation and Learning, 26(4), 365-377.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Warneri et al

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.