Sinergisitas Pendidikan Karakter dan Sekolah Adiwiyata

Penulis

  • Selinaswati Selinaswati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi/vol1-iss1/4

Kata Kunci:

sekolah adiwiyata, pendidikan karakter, lingkungan

Abstrak

Program Adiwiyata memfokuskan kegiatan pada terciptanya lingkungan sehat dan bersih di lingkungan sekolah, mendidik siswa memiliki kepedulian dan berwawasan lingkungan. Ini berpengaruh pada kelancaran proses belajar mengajar yang baik juga kepada masyarakat di sekitar Lingkungan sekolah. Program yang dicanangkan tahun 2006 ini sudah  diterapkan di berbagai sekolah baik tingkat SD, SMP atau SMA.Hanya saja masih ada sejumlah sekolah yang tampak gersang dan jauh dari suasana asri yang mendukung para siswanya belajar dengan nyaman dan memiliki tingkat sadar lingkungan yang tinggi. Salah satunya yaitu SMP 6 Nagari Sungai Nyalo Kecamatan XI Koto, Kabupaten Pesisir Selatan. Sekolah sebagai wadah, lembaga dan institusi yang bertanggung jawab pada perkembangan pengetahuan peserta didiknya. Sekolah juga merupakan wadah menciptakan karakter baik anak. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diperlukan pendidikan karakter bagi siswa agar tercipta lingkungan sekolah yang sehat dan bersih.Khalayak sasaran dalam pengabdian ini  segenap jajaran sekolah SMP 6. Mereka sebagai khalayak sasaran dipandang cukup strategis karena sekolah sebagai wadah menciptakan karakter baik, sadar lingkungan dan hidup bersih yang bisa diterapkan di rumah masing- masing.  Diharapkan juga sekolah  berwawasan lingkungan dan menerapkan model pendidikan yang dekat ke alam karena lingkungan mereka bisa dijadikan sebagai sarana belajar pada sejumlah mata pelajaran seperti biologi,  pendidikan ekonomi. Pelatihan cara menerapkan lingkungan sehat di sekolah dilakukan dengan dua cara: 1) Pemberian pengetahuan melalui penyampaian materi tentang lingkungan hidup sehat dan bersih 2) praktek gerakan lingkungan sehat, bersih dan asri melalui penanaman pepohonan, pengadaan tong sampah agar setiap kelas memilikinya dan anak- anak terbiasa membuang sampah di tempat sampah. Dari dua cara tersebut, diharapkan siswa memiliki sikap sadar lingkungan dan terbentuknya sekolah adiwiyata di SMP 6.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-04-10

Cara Mengutip

Selinaswati, S. (2019). Sinergisitas Pendidikan Karakter dan Sekolah Adiwiyata. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 21–27. https://doi.org/10.24036/abdi/vol1-iss1/4