Pendampingan Belajar Aksara Jawa dalam Upaya Pelestarian Budaya Jawa

Penulis

  • Titi Asrianti Universitas Negeri Yogyakarta
  • Puji Yanti Fauziah Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v5i3.472

Kata Kunci:

Aksara Jawa, Pendampingan belajar, Pelestarian

Abstrak

Kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah pendampingan belajar materi aksara jawa kepada anak-anak dari kalangan pra sejahtera di Kota Semarang. Tujuannya adalah memberikan pendidikan di luar sekolah untuk melestarikan salah satu budaya jawa. Kegiatan pendampingan ini dilakukan bersama komunitas Satoe Atap yang bergerak di bidang sosial edukasi secara non formal kepada anak-anak dari kalangan keluarga pra sejahtera di Kota Semarang. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 5 November 2022 yang berlokasi di SDN Pandean Lamper 02 Kota Semarang. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu game-based learning. Adapun tahapan pembelajaran ini yaitu (1) pembukaan dan ice breaking, (2) pengenalan aksara jawa, (3) cara membaca aksara jawa, (4) tebak-tebakan, (5) cara menulis aksara jawa, (6) evaluasi dan (7) penutup. Kegiatan pendambingan belajar tersebut membuahkan hasil yaitu anak-anak dapat menyebutkan dan menuliskan aksara Jawa pada saat evaluasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-21

Cara Mengutip

Asrianti, T., & Fauziah, P. Y. (2023). Pendampingan Belajar Aksara Jawa dalam Upaya Pelestarian Budaya Jawa. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(3), 398–402. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i3.472