Peningkatan Literasi Sains Menggunakan Media Ajar Audio Visual Berbasis Gubahan Lagu

Penulis

  • Endang Purwasari Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Rian Prasetya Yunanto Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Widhi Nugroho Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Citra Dewi Utami Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Purwastya Pratmajaya Adi Lukistyawan Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v6i3.729

Kata Kunci:

Audia Visual, Gubahan Lagu, Kurikulum Merdeka, Student Centered Learning

Abstrak

Perubahan kurikulum dari kurikulum tiga belas menjadi kurikulum merdeka yang terjadi di aras bawah menjadikan para pendidik untuk mulai beradaptasi. Permasalahan yang dihadapi adalah perubahan kurikulum yang mengharuskan para guru untuk berinovasi dalam pengembangan media pembelajaran. Media ajar yang ramah peserta didik dan mengikuti perkembangan teknologi perlu diadaptasi. Pengabdian ini menggagas pelatihan pembuatan media ajar audio visual berbasis gubahan lagu sebagai respon kebutuhan tersebut. Enam Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Andong merupakan sasaran dari kegiatan pengabdian ini. Kesemuanya memiliki misi mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan capaian bidang literasi dan numerasi. Media ajar berformat audio visual terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa namun keterbatasan kemampuan para guru menjadi kendala dalam inovasinya. Para guru berhasil menggunakan media ajar audio visual yang mampu meningkatkan capaian bidang literasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-25

Cara Mengutip

Purwasari, E., Yunanto, R. P., Nugroho, W., Utami, C. D., & Lukistyawan, P. P. A. (2024). Peningkatan Literasi Sains Menggunakan Media Ajar Audio Visual Berbasis Gubahan Lagu. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(3), 658–664. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i3.729