Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Desain Busana 3D Menggunakan Software CLO3D di SMKN 3 Payakumbuh

Penulis

  • Puji Hujria Suci Universitas Negeri Padang
  • Yusmerita Yusmerita Universitas Negeri Padang
  • Melda Mahniza Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v6i4.791

Kata Kunci:

CLO3D, Desain Busana 3D, Guru Produktif, Teknologi Pembelajaran

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru Tata Busana di SMKN 3 Payakumbuh dalam pembuatan desain busana 3D menggunakan software CLO3D. Isu pokok yang diangkat adalah kurangnya pemanfaatan teknologi digital dalam proses desain busana di sekolah-sekolah, terutama dalam hal penggunaan software 3D. Program ini dilaksanakan melalui pelatihan intensif yang melibatkan guru-guru untuk mengenal, memahami, dan menguasai teknik dasar serta penggunaan software CLO3D dalam merancang busana. Metode yang digunakan adalah pelatihan langsung dengan pendekatan tutorial, diskusi, dan praktek langsung. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi 3D dalam desain busana, yang akan mempengaruhi kualitas pembelajaran dan pengembangan kompetensi siswa dalam bidang Tata Busana. Implikasi dari kegiatan ini adalah terbangunnya kemampuan guru dalam mengadaptasi teknologi terbaru, yang mendukung pengembangan kurikulum berbasis industri serta menyiapkan lulusan yang lebih siap menghadapi tuntutan dunia kerja yang berbasis digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-06

Cara Mengutip

Suci, P. H., Yusmerita, Y., & Mahniza, M. (2024). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Desain Busana 3D Menggunakan Software CLO3D di SMKN 3 Payakumbuh. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(4), 817–822. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i4.791