Pelatihan Alat Peraga Berbasis Integrated Learning untuk Guru SD di Kabupaten Pariaman

Penulis

  • Risda Amini Universitas Negeri Padang
  • Usmeldi Usmeldi Universitas Negeri Padang
  • Nurhastuti Nurhastuti Universitas Negeri Padang
  • Dina Amsari Universitas Negeri Padang
  • Afriza Media Universitas Negeri Padang
  • Yarisda Ningsih Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v6i3.864

Kata Kunci:

Alat Peraga, Integrated Learning, Keterampilan Guru, Pengetahuan Guru

Abstrak

Berdasarkan wawancara dan penyebaran angket kepada guru-guru Sekolah Dasar (SD) Gugus 1 Kecamatan Pariaman timur ditemukan permasalahan bahwa kurangnya pengetahuan guru SD Gugus 1 Kecamatan Pariaman timur Kabupaten Pariaman mengenai alat peraga berbasis integrated learning untuk siswa SD, kurangnya keterampilan guru SD Gugus 1 Kecamatan Pariaman timur Kabupaten Pariaman mengenai pembuatan alat peraga berbasis integrated learning untuk siswa SD, dan kurangnya informasi serta referensi mengenai alat peraga berbasis integrated learning. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah: (1) Seminar mengenai alat peraga berbasis integrated learning. (2) Pelatihan pembuatan alat peraga berbasis integrated learning. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru SD mengenai alat peraga berbasis integrated learning. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan guru tentang alat peraga pembelajaran berbasis integrated learning.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-21

Cara Mengutip

Amini, R., Usmeldi, U., Nurhastuti, N., Amsari, D., Media, A., & Ningsih, Y. (2024). Pelatihan Alat Peraga Berbasis Integrated Learning untuk Guru SD di Kabupaten Pariaman. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(3), 497–501. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i3.864