Pendampingan Penyusunan Proposal PTK Bagi Guru Ekonomi di Kabupaten Ogan Komering Ulu
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v6i4.970Kata Kunci:
Guru Ekonomi, Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstrak
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan penyusunan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru-guru ekonomi di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Hal ini dilakukan karena PTK sangat dibutuhkan sebagai upaya perbaikan proses pembelajaran dan mendukung peningkatan karir guru. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 24 orang guru ekonomi yang tergabung dalam MGMP Kabupaten Ogan Komering Ulu. Kegiatan ini dilaksanakan dengan 3 tahap kegiatan, yakni 1) tahap persiapan dan sosialisasi kegiatan untuk mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan peserta agar pelatihan yang diberikan mampu mengatasi permasalahan guru; 2) tahap pelaksanaan, yakni dengan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi peserta secara luring dan daring agar mampu menyusun proposal PTK dalam mendukung kompetensinya sebagai guru profesional dan 3) tahap evaluasi kegiatan melalui pretest dan posttest untuk melihat peningkatan pemahaman guru dalam menyusun PTK, serta evaluasi produk berupa proposal PTK yang berhasil disusun oleh guru untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru dalam menyusun PTK. Berdasarkan kegiatan pendampingan yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru dalam menyusun PTK, hal ini ditunjukkan terjadinya peningkatan sebesar 20 dari nilai rata-rata pretest 66,25 dan posttest sebesar 86,25. Selanjutnya sebanyak 83,33% para guru telah mampu menyusun PTK dan memiliki pemahaman yang baik dalam merancang proposal PTK.