Pelatihan Pembuatan Video Promosi Produk Bagi Kader Nasyiatul Aisyiyah Kalimantan Tengah

Authors

  • Zahrotun Nafisah Universitas Palangka Raya
  • Endah Yusma Pratiwi Universitas Palangka Raya
  • Dwi Hermayantingsih Universitas Palangka Raya
  • Muh. Supwatul Hakim Universitas Palangka Raya
  • Remi Ayu Pratika Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1314

Keywords:

CapCut, Nasyiatul Aisyiyah, Promosi, Video

Abstract

Transformasi digital menjadi kebutuhan penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan daya saing di era digital. Salah satu bentuk transformasi tersebut adalah melalui promosi produk secara daring. NA Corner, sebuah UMKM yang dikelola oleh kader Nasyiatul Aisyiyah Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya, telah memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana promosi. Namun, pengelolaan konten pada akun tersebut masih belum optimal, khususnya dalam hal penyediaan video promosi. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pembuatan video promosi menggunakan aplikasi CapCut kepada kader Nasyiatul Aisyiyah Kalimantan Tengah untuk meningkatkan kualitas konten digital NA Corner. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri atas tiga tahap, yaitu: (1) persiapan materi dan peralatan, (2) pelatihan pembuatan video promosi yang mencakup penyampaian materi, diskusi, dan praktik langsung, serta (3) evaluasi hasil pelatihan melalui penilaian video peserta dan kuesioner umpan balik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kelompok 5 menghasilkan video promosi terbaik berdasarkan kriteria penilaian yang ditentukan. Evaluasi terhadap pemahaman peserta menunjukkan bahwa keberhasilan transfer pengetahuan mencapai lebih dari 90%. Kegiatan ini diharapkan dapat berdampak langsung pada peningkatan kualitas promosi produk, memperluas jangkauan pasar, serta berkontribusi terhadap peningkatan omzet harian NA Corner. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya memperkuat kapasitas digital kader, tetapi juga mendukung peningkatan daya saing UMKM secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2024). Profil Industri Mikro dan Kecil. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Fatwa, I., Prabowo, M. A., Widjajanto, A., Supriyono, E., & Harsa, N. (2024). Pelatihan Video Pendek Untuk Promosi Produk UMKM. Jurnil Budimas, 6(1).

Isnawati, S. I., Purwanti, R., Ulfamiyati, U., & Paramita, P. (2024). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Video Marketing “Reels Instagram” Guna Meningkatkan Penjualan Produk Fashion di Desa Kemitir, Kabupaten Semarang. Compromise Journal: Community Proffesional Service Journal, 2(3), 19-27.

Karim, A., Kusmanto, K., Nasution, M. B. K., & Suryadi, S. (2022). Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Rantauprapat. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 3(2), 115–119. https://doi.org/10.47065/jrespro.v3i2.2759

Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98-102.

Lee, M. M., & Kumar, S. I. (2023). Kolb Meets Quality: Applying Learning Theory to a Process Improvement and Safety Curriculum. ATS Scholar, 4(4), 431–440. https://doi.org/10.34197/ats-scholar.2023-0021PS

Lesmanah, U., Melfazen, O., & Yazirin, C. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Ikan Asin. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 1719–1725. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3338

Lintang Proborini, A. (2024). Pelatihan Video Editing Untuk Meningkatkan Jangkauan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Timur. BESIRU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(9), 670–679. https://doi.org/10.62335

Mahbubah, I., & Putri, S. Y. (2021). Dampak Perubahan Perilaku Konsumen Saat Pandemi Covid-19 Pada Peningkatan Penjualan E-Commerce Pada Kab. Sumenep. BAJ (Behavioral Accounting Journal, 4(1).

Moonik, N., & Pomantow, W. G. (2023). Pentingnya Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Acha Olshop. MABP, Jurnal, 5(2), 77-91.

Muhammad, A., Muhammad, S., Daffa Akmal, A., & Amata, F. (2023). Pengaruh Durasi Terhadap Retensi Audiens Dalam Motion Graphic Wajib Pajak Non Efektif. Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain dan Media, 3(1), 30–41. https://doi.org/10.55606/jurrsendem.v3i1.2333

Nafisah, Z., Rahman, S., Pereiz, Z., & Ratna Kumalasari, M. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Edukasi Pemanfaatan Limbah Cair Tempe Menjadi Biogas di Desa Habaring Hurung. Journal of Approriate Technology for Community Services, 5(1), 24–32. https://doi.org/10.20885/jattec.vol5.iss1.art4

Pande, P., Swardinata, E., Wirayudha, A., Saputra Wijaya, W., Efendi, I., & Mahendra, A. (2023). Mufakat: Analisis Perubahan Perilaku Konsumen Pasca Pandemi Covid di Indonesia Terhadap Bisnis Digital dan Gaya Hidup. Mufakat, 1(1). http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat

Rahmawati, D., Sutrisno, W., Maskuri, A., & Dyah Prabaswari, A. (2023). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Catering Snack di Dukuh Kalangan Desa Genengsari. Journal of Approriate Technology for Community Services, 5(1), 103–111. https://doi.org/10.20885/jattec.vol5.iss1.art12

Renaningtyas, A. R., Wahyuni, A. D., & Oktarina, L. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen: Promosi, Harga dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5), 522-529. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i5

Saad, S., et al. (2024). Pelatihan Pembuatan Video Promosi Pada Komunitas Pedagang Daring Di Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur. JPMM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 4(1), 15–20.

Suhayati, E., Novianti, W., Rhema, C. F. P., & Agustini, D. (2022). Digital Marketing dalam Rangka Mengembangkan Usaha Erna Sari Catering. Majalah Ilmiah UNIKOM, 20(2), 79-84.

Terttiaavini, T., Hertati, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2024). Pelatihan Digital Marketing dan Inovasi Produk Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM Ikan Pedo Serbuk. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 2405. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21836

Wardhana, A., & Abidin, N. (2022). The Art of Digital Marketing: Strategi Pemasaran Generasi Milenial. https://www.researchgate.net/publication/368666131.

Published

2025-06-28

How to Cite

Nafisah, Z., Pratiwi, E. Y., Hermayantingsih, D., Hakim, M. S., & Pratika, R. A. (2025). Pelatihan Pembuatan Video Promosi Produk Bagi Kader Nasyiatul Aisyiyah Kalimantan Tengah. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(2), 556–563. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1314