Pelatihan Pembuatan Video Promosi Produk Bagi Kader Nasyiatul Aisyiyah Kalimantan Tengah
DOI:
https://doi.org/10.24036/abdi.v7i2.1314Kata Kunci:
CapCut, Nasyiatul Aisyiyah, Promosi, VideoAbstrak
Promosi produk melalui daring menjadi esensial dalam upaya transformasi digital bagi UMKM. Salah satu UMKM di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, adalah NA Corner yang dikelola oleh kader Nasyiatul Aisyiyah Kalimantan Tengah. Saat ini NA Corner sudah menerapkan promosi melalui media sosial, yaitu Instagram. Akan tetapi, pemanfaatan dan pengelolaan akun instagram masih belum optimal dikarenakan kurangnya konten video. Kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan pembuatan video promosi produk NA Corner menggunakan aplikasi Capcut kepada kader Nasyiatul Aisyiyah Kalimantan Tengah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini dilaksanakan dalam 3 tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Tahap pelaksanaan kegiatan, dilaksanakan pelatihan pembuatan video promosi produk, diskusi, dan pembuatan video oleh peserta. Berdasarkan penilaian video yang telah dibuat peserta, video dari kelompok 5 merupakan video dengan nilai tertinggi pada pelatihan ini. Selanjutnya, berdasarkan isian pada tahap evaluasi, keberhasilan transfer ilmu pada kegaitan pengabdian kepada masyarakat kali ini mencapai lebih dari 90%.
Unduhan
Referensi
Badan Pusat Statistik. (2024). Profil Industri Mikro dan Kecil. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Fatwa, I., Prabowo, M. A., Widjajanto, A., Supriyono, E., & Harsa, N. (2024). Pelatihan Video Pendek Untuk Promosi Produk UMKM. Jurnil Budimas, 6(1).
Isnawati, S. I., Purwanti, R., Ulfamiyati, U., & Paramita, P. (2024). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Video Marketing “Reels Instagram” Guna Meningkatkan Penjualan Produk Fashion di Desa Kemitir, Kabupaten Semarang. Compromise Journal: Community Proffesional Service Journal, 2(3), 19-27.
Karim, A., Kusmanto, K., Nasution, M. B. K., & Suryadi, S. (2022). Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Rantauprapat. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 3(2), 115–119. https://doi.org/10.47065/jrespro.v3i2.2759
Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98-102.
Lee, M. M., & Kumar, S. I. (2023). Kolb Meets Quality: Applying Learning Theory to a Process Improvement and Safety Curriculum. ATS Scholar, 4(4), 431–440. https://doi.org/10.34197/ats-scholar.2023-0021PS
Lesmanah, U., Melfazen, O., & Yazirin, C. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Ikan Asin. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 1719–1725. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3338
Lintang Proborini, A. (2024). Pelatihan Video Editing Untuk Meningkatkan Jangkauan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Timur. BESIRU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(9), 670–679. https://doi.org/10.62335
Mahbubah, I., & Putri, S. Y. (2021). Dampak Perubahan Perilaku Konsumen Saat Pandemi Covid-19 Pada Peningkatan Penjualan E-Commerce Pada Kab. Sumenep. BAJ (Behavioral Accounting Journal, 4(1).
Moonik, N., & Pomantow, W. G. (2023). Pentingnya Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Acha Olshop. MABP, Jurnal, 5(2), 77-91.
Muhammad, A., Muhammad, S., Daffa Akmal, A., & Amata, F. (2023). Pengaruh Durasi Terhadap Retensi Audiens Dalam Motion Graphic Wajib Pajak Non Efektif. Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain dan Media, 3(1), 30–41. https://doi.org/10.55606/jurrsendem.v3i1.2333
Nafisah, Z., Rahman, S., Pereiz, Z., & Ratna Kumalasari, M. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Edukasi Pemanfaatan Limbah Cair Tempe Menjadi Biogas di Desa Habaring Hurung. Journal of Approriate Technology for Community Services, 5(1), 24–32. https://doi.org/10.20885/jattec.vol5.iss1.art4
Pande, P., Swardinata, E., Wirayudha, A., Saputra Wijaya, W., Efendi, I., & Mahendra, A. (2023). Mufakat: Analisis Perubahan Perilaku Konsumen Pasca Pandemi Covid di Indonesia Terhadap Bisnis Digital dan Gaya Hidup. Mufakat, 1(1). http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat
Rahmawati, D., Sutrisno, W., Maskuri, A., & Dyah Prabaswari, A. (2023). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Catering Snack di Dukuh Kalangan Desa Genengsari. Journal of Approriate Technology for Community Services, 5(1), 103–111. https://doi.org/10.20885/jattec.vol5.iss1.art12
Renaningtyas, A. R., Wahyuni, A. D., & Oktarina, L. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen: Promosi, Harga dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5), 522-529. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i5
Saad, S., et al. (2024). Pelatihan Pembuatan Video Promosi Pada Komunitas Pedagang Daring Di Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur. JPMM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 4(1), 15–20.
Suhayati, E., Novianti, W., Rhema, C. F. P., & Agustini, D. (2022). Digital Marketing dalam Rangka Mengembangkan Usaha Erna Sari Catering. Majalah Ilmiah UNIKOM, 20(2), 79-84.
Terttiaavini, T., Hertati, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2024). Pelatihan Digital Marketing dan Inovasi Produk Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM Ikan Pedo Serbuk. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 2405. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21836
Wardhana, A., & Abidin, N. (2022). The Art of Digital Marketing: Strategi Pemasaran Generasi Milenial. https://www.researchgate.net/publication/368666131.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Zahrotun Nafisah et al

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.